Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Penampakan rudal Iran ke arah Israel di atas langit Yordania
Sumber :
  • Tangkapan layar

Tel Aviv – Amerika Serikat, Inggris, Yordania dan Perancis membantu mencegat serangan besar-besaran drone yang ditembakkan Iran ke Israel pada Sabtu malam, menurut para pejabat.

Titik Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Begini Kondisinya

Meskipun AS, Inggris, dan Prancis sekutu militer Israel, tindakan tersebut merupakan bentuk dukungan dramatis dari Amman, yang mengkritik keras tindakan Israel atas perangnya di Gaza melawan kelompok militan Palestina, Hamas.

Melansir The Times Of Israel, Selasa 16 April 2024, pasukan Pertahanan Israel pada hari Minggu mengatakan serangan Iran, serangan langsung pertama Republik Islam terhadap Israel, terdiri dari sekitar 170 drone, 30 rudal jelajah, dan 120 rudal balistik.

Profil Ebrahim Raisi, Presiden Iran yang Alami Kecelakaan Helikopter

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel

Photo :
  • tangkapan layar

AS dan Israel telah bersiap menghadapi serangan selama berhari-hari setelah Iran mengatakan akan membalas dugaan serangan Israel bulan ini terhadap apa yang diklaim Teheran sebagai gedung konsuler di Suriah yang menewaskan 12 orang, termasuk dua jenderal senior Iran di pasukan elit Garda Revolusi.

Sahabat Dekat, Putin Cemas Kondisi Presiden Iran Ebrahim Raisi Usai Helikopternya Jatuh

Pentagon mengatakan pasukannya mencegat lusinan rudal dan drone yang diluncurkan dari Iran, Irak, Suriah, dan Yaman yang menuju ke Israel.

Pasukan militer AS, yang beroperasi dari pangkalan yang dirahasiakan di wilayah tersebut, menembak jatuh sejumlah drone Iran di provinsi Sweida dan Deraa di Suriah selatan dekat perbatasan Yordania, kata sumber keamanan kepada Reuters

Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengkonfirmasi pada Minggu pagi bahwa Prancis juga terlibat dalam pertahanan Israel, meskipun dia mengatakan tidak memiliki rincian pasti apakah jet Prancis telah menembak jatuh salah satu rudal yang diluncurkan oleh Iran.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Photo :
  • X

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan AS membantu menjatuhkan hampir semua drone dan rudal yang ditembakkan Iran ke Israel, dan menambahkan bahwa ia telah menegaskan kembali dukungannya yang kuat kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dia mengatakan telah memesan pesawat militer dan kapal perusak pertahanan rudal balistik AS ke Timur Tengah dalam beberapa hari terakhir karena kemungkinan ancaman Iran terhadap sekutu utama AS tersebut menjadi jelas.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,” kata Biden.

Yordania Cegat Rudal Iran

Sementara itu, angkatan udara Yordania mencegat dan menembak jatuh puluhan drone Iran yang melanggar wilayah udaranya menjamin keselamatan warganya. Sumber keamanan regional mengatakan tentara juga dalam keadaan siaga tinggi dan sistem radar memantau setiap aktivitas drone yang datang dari arah Irak dan Suriah. 

Di lingkungan selatan ibu kota Amman, 60 kilometer (37 mil) dari Yerusalem, beberapa drone terlihat jatuh. Warga berkumpul di sekitar sisa-sisa satu drone besar yang diduga jatuh di kawasan komersial pinggiran kota Marj al Hamam.

Sumber keamanan sebelumnya mengatakan angkatan udara negara itu mengintensifkan penerbangan pengintaian.

Yordania sebelumnya mengatakan pihaknya telah menutup wilayah udaranya mulai Sabtu malam untuk semua pesawat yang masuk, berangkat, dan transit. Hal ini menurut para pejabat kepada Reuters adalah tindakan pencegahan jika terjadi serangan Iran melintasi perbatasannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya