Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).
Sumber :
  • AP Photo/Jon Gambrell

DubaiUni Emirat Arab (UEA) dilanda hujan lebat hingga menyebabkan banjir ekstrem di wilayah Dubai dan sekitarnya. Lalu, seberapa ekstrim curah hujan di Dubai?

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dubai terletak di pantai UEA dan biasanya wilayah ini terbilang sangat kering. Meskipun rata-rata curah hujan di wilayah UEA kurang dari 100 mm (3,9 inci) per tahun, wilayah tersebut kadang-kadang mengalami hujan ekstrem.

Di kota Al-Ain, sekitar 100 km (62 mil) dari Dubai, curah hujan di wilayah itu mencapai sekitar 256 mm (10 inci) dalam 24 jam.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Photo :
  • AP Photo/Jon Gambrell

Sistem cuaca bertekanan rendah, yang 'jarang', menarik udara hangat dan lembab serta menghalangi masuknya sistem cuaca lain adalah penyebab utama hujan ekstrem.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

“Bagian dunia ini ditandai dengan periode tanpa hujan yang lama dan kemudian terjadi curah hujan yang lebat dan tidak teratur, namun meskipun demikian, ini adalah peristiwa curah hujan yang sangat jarang terjadi,” kata Prof Maarten Ambaum, ahli meteorologi di Universitas Reading yang mempelajari pola curah hujan di wilayah Teluk.

Kemudian, apa peran perubahan iklim?

Kita masih belum dapat mengukur secara pasti seberapa besar peran perubahan iklim. Hal ini memerlukan analisis ilmiah menyeluruh terhadap faktor alam dan manusia, yang dapat memakan waktu beberapa bulan.

Namun, rekor curah hujan konsisten dengan perubahan iklim.

Sederhananya: udara yang lebih hangat dapat menahan lebih banyak kelembapan sekitar 7 persen untuk setiap derajat Celcius, yang pada gilirannya dapat meningkatkan intensitas hujan.

“Intensitas hujan mencapai rekor tertinggi, namun hal ini konsisten dengan pemanasan iklim, dengan lebih banyak kelembapan yang tersedia untuk memicu badai dan membuat curah hujan lebat serta banjir semakin besar,” jelas Richard Allan, profesor ilmu iklim di Universitas Membaca, dikutip dari BBC Internasional, Kamis, 18 April 2024.

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Photo :
  • Ist

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa curah hujan tahunan dapat meningkat hingga sekitar 30 persen di sebagian besar wilayah UEA pada akhir abad ini karena suhu dunia terus memanas.

“Jika manusia terus membakar minyak, gas, dan batu bara, iklim akan terus memanas, curah hujan akan semakin deras, dan manusia akan terus kehilangan nyawa akibat banjir,” kata Dr Friederike Otto, dosen senior ilmu iklim di Imperial Perguruan Tinggi London.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya