Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Kendaraan terjebak banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4
Sumber :
  • AP Photo/Jon Gambrell

Dubai – Kota gurun Dubai diguyur hujan setinggi 25 cm (10 inci) hanya dalam waktu 24 jam. Ini sebenarnya adalah jumlah hujan yang biasanya turun dalam waktu hampir dua tahun.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Menurut Pusat Meteorologi Nasional Uni Emirat Arab (UEA), curah hujan bersejarah ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 75 tahun terakhir.

Hujan membanjiri jalan raya utama dan mengganggu penerbangan di Bandara Internasional Dubai. Rumah-rumah terendam banjir dan kendaraan-kendaraan ditinggalkan di jalan raya di Dubai ketika pihak berwenang mengirimkan truk tangki untuk memompa air.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan pusat perbelanjaan utama Dubai Mall dan Mall of the Emirates terendam banjir, dengan Stasiun Metro Dubai terendam air setinggi mata kaki. Petir terlihat sesekali menyentuh ujung Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia.

Banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Photo :
  • AP Photo/Jon Gambrell
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Jadi, mengapa Dubai mengalami hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya?

Para ahli mengatakan air hujan tersebut terkait dengan sistem badai yang lebih besar yang melintasi Semenanjung Arab dan bergerak melintasi Teluk Oman. Hal ini juga membawa cuaca basah yang luar biasa ke negara tetangga Oman dan Iran tenggara.

Menurut ilmuwan iklim Colin McCarthy, hujan lebat ini disebabkan oleh beberapa kali badai petir hebat yang terbentuk di perairan hangat Teluk Persia.

Ada juga yang mengaitkan hujan dengan perubahan iklim.

"Kemungkinan besar “hujan yang mematikan dan merusak di Oman dan Dubai diperparah oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia,” kata Ahli iklim Friederike Otto, dikutip dari News18, Kamis, 18 April 2024.

Beberapa ahli meteorologi dan spesialis iklim menyatakan bahwa penyemaian awan dapat meningkatkan curah hujan lebat di kota gurun tersebut.

"Dubai tidak asing dengan debu, namun badai telah menelan banyak sekali debu di wilayah tersebut. Debu juga merupakan penyebar awan, kita menyebutnya inti kondensasi, jadi bagaimana kita bisa yakin bahwa penyemaian buatan manusia bertanggung jawab ketika debu sebesar gurun melayang di atasnya?," tanya Jeff Berardelli, kepala ahli meteorologi dan spesialis iklim Tampa Bay, AS.

“Curah hujan ekstrem di masa depan diperkirakan akan meningkat seiring dengan pemanasan global berdasarkan teori dan model iklim, namun curah hujan ekstrem yang biasa terjadi (tahunan) dan jarang terjadi (satu dekade atau seratus tahun) bisa berdampak berbeda,” menurut jurnal Nature.

Lalu, Apa itu Cloud Seeding dan Bagaimana Meningkatkan Hujan di Dubai?

UEA memulai operasi penyemaian awan pada tahun 2000an untuk mengatasi masalah keamanan air, meskipun kurangnya drainase di banyak daerah dapat memicu banjir.

Pusat Meteorologi Nasional negara Teluk tersebut mengirimkan pesawat penyebar dari bandara Al Ain pada hari Senin dan Selasa untuk memanfaatkan formasi awan konvektif, menurut Ahmed Habib, seorang ahli meteorologi spesialis.

Teknik tersebut melibatkan penanaman bahan kimia dan partikel kecil, yang seringkali garam alami seperti kalium klorida ke atmosfer untuk menghasilkan lebih banyak hujan dari awan.

Menurut ahli meteorologi Ahmed Habib, Pusat Meteorologi Nasional mengirimkan pesawat penyemaian dari bandara Al Ain pada hari Senin dan Selasa untuk memanfaatkan formasi awan konvektif.

Metode penyemaian melibatkan menghasilkan lebih banyak hujan dengan meluncurkan semburan garam atau material kecil lainnya ke awan.

Suar ini, yang dipasang di sayap pesawat, mengandung komponen material garam. Setelah mencapai target awan, suar disebarkan, dan melepaskan zat penyemaian ke dalam awan.

Partikel garam berfungsi sebagai inti di mana tetesan air mengembun, yang akhirnya tumbuh cukup berat untuk jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan.

"NCM telah membentuk jaringan nasional yang terdiri dari 86 stasiun cuaca otomatis (AWOS) untuk pemantauan cuaca, enam radar cuaca yang mencakup seluruh UEA, dan satu stasiun udara atas. Pusat ini juga telah membuat database iklim dan membantu pengembangan Prediksi Cuaca Numerik dan perangkat lunak simulasi dengan presisi tinggi di UEA,” demikian deskripsi UEAREP tentang proses tersebut.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup Perubahan Iklim Mariam Al Mheiri, inisiatif peningkatan curah hujan di negara ini sangat penting untuk meningkatkan ketahanan pangan dan air, serta mengisi kembali cadangan air tanah dan mendorong pariwisata.

Program hujan buatan di negara-negara Teluk didukung oleh penelitian ilmiah dan teknis kolaboratif dengan Pusat Penelitian Atmosfer Nasional (NCAR) di Colorado, AS, Universitas Witwatersrand di Afrika Selatan, dan NASA.

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Photo :
  • Ist

Dampak Perubahan Iklim di Dubai

Permukaan Laut: UEA memiliki hampir 1.300 km garis pantai, dan sekitar 85 persen populasi dan lebih dari 90 persen infrastruktur UEA terletak dalam jarak beberapa meter dari laut.

Laporan Pusat AS dari Institut Lingkungan Stockholm menemukan bahwa UEA dapat kehilangan hingga 6 persen garis pantainya yang sudah dikembangkan pada akhir abad ini karena naiknya permukaan air laut.

Pada tahun 1996 dan 1998, UEA menghadapi dua peristiwa pemutihan karang dan kematian akibat anomali suhu air laut.

Bencana Air: Pemanasan global dapat meningkatkan kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan air. Beberapa tempat di UEA akan sering dilanda banjir sementara yang lain akan mengalami kekeringan dan kekurangan air.

Pertanian: Temperatur yang lebih tinggi, peningkatan gulma dan serangga berbahaya akan mulai mempengaruhi tanaman pertanian. Pemanasan global dapat menyebabkan kekurangan pangan secara global. UEA bisa menderita lebih banyak air asin, dan makanan lokal akan sulit ditemukan.

Polusi dan Pasokan Listrik: Pemanasan global akan mengurangi penggunaan pemanas di musim dingin namun meningkatkan kebutuhan AC di musim panas. Polusi besar-besaran juga dapat meningkat selama pemanasan global.

UEA diketahui memiliki 80 ton emisi gas rumah kaca karbon dioksida per kapita dibandingkan dengan hanya 14 ton per kepala Amerika setiap tahunnya. Sejumlah besar AC, pabrik desalinasi, dan pembangkit listrik menggunakan listrik yang dihasilkan dari bahan bakar berbasis karbon, yang pada tingkat tertentu juga beracun bagi manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya