Kapal Singapura Dibajak

Kapal tanker berbenda Singapura, MV York
Sumber :
  • AP Photo/IMC

VIVAnews - Gerombolan perompak asal Somalia membajak sebuah kapal tanker berbendera Singapura dan menyandera 17 awak. Pembajakan itu berlangsung sejak Sabtu pekan lalu di lepas pantai Kenya.

Demikian ungkap Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Laut Uni Eropa di Somalia, Minggu, 24 Oktober 2010, seperti yang dikutip stasiun televisi CNN.

Kabar pembajakan itu dipastikan oleh pantauan sebuah helikopter Turki dari Satgas Uni Eropa. Petugas melihat MV York sudah dinaiki gerombolan bersenjata setelah kapten kapal melakukan panggilan darurat (distress call).

Menurut Otoritas Pelabuhan Singapura, MV York tengah dalam perjalanan dari Mombasa, Kenya, menuju Mahe, Seylon. Selain York, kapal penangkap ikan Golden Wave juga dibajak sejak 9 Oktober lalu.

Para awak MV York terdiri dari seorang warga Jerman yang menjadi kapten kapal, dua warga Ukraina, dan 14 warga Filipina. Dengan demikian para perompak Somalia tengah menyandera 19 kapal dan 428 awak.

Pemerintah Singapura mengungkapkan tengah bekerjasama dengan pemilik MV York dan pihak-pihak terkait untuk mengupayakan pembebasan.  (hs)

 

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024