Gempa Potensi Tsunami Kembali Guncang Jepang

Jalan Rusak Akibat Gempa Jepang beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVAnews - Satu gempa berkekuatan 7,4 skala Richter kembali melanda Jepang pada Kamis malam, 7 April 2011.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan, gempa ini memicu tsunami dengan gelombang hingga dua meter. Peringatan itu dikeluarkan untuk wilayah pesisir yang sudah terkoyak tsunami bulan lalu, yang menewaskan sekitar 25.000 orang.

"Pusat gempa terjadi di lepas pantai Miyagi di Jepang timur laut," tulis Badan Meteorologi Jepang, seperti dilaporkan CNN.

Lembaga penyiaran publik NHK mengatakan, penduduk pantai lari ke tempat yang lebih tinggi, menjauhi pantai.

Pekerja di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi juga dievakuasi, demikian kata juru bicara Tokyo Electric Power Co. Tokyo Electric mengatakan, sejumlah pembangkit nuklir di wilayah itu masih menyala, dan tidak ada laporan atas kerusakan pembangkit.

NHK juga melaporkan penasehat tsunami untuk Prefektur Iwate, mengatakan bahwa tsunami akan tiba di daerah pesisir timur laut Jepang.

US Geological Survey (USGS) mengatakan gempa itu berpusat 66 kilomemeter dari Sendai --salah satu daerah yang paling parah terkena gempa 9,0 skala Richter bulan lalu-- dan 118 kilometer dari Fukushima, tempat terjadinya kerusakan pembangkit nuklir akibat sapuan tsunami.

"Gempa itu berpusat 333 kilometer dari Tokyo," demikian USGS melaporkan. (eh)

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung
Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyebut DPR bakal segera memanggil KPU bahas dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024