Thai dan Kamboja Sepakat Terima Tim Peninjau

Menlu Thailand Kasit Piromya dan Menlu RI Marty Natalegawa bertemu di Jakarta.
Sumber :
  • AP Photo/Irwin Fedriansyah

VIVAnews - Thailand dan Kamboja telah menyepakati kerangka acuan (Term of Reference/TOR) yang diajukan Indonesia terkait pengiriman tim peninjau ke perbatasan kedua negara.

Tampil 'Pamungkas' di Saranghaeyo Indonesia, Day6 Enggak Ada Obat!

Perundingan juga akan dilakukan seputar penciptaan situasi yang kondusif bagi tim peninjau untuk membantu atasi konflik perbatasan Thailand - Kamboja.

Demikian hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Marty Natalegawa, dan Menlu Thailand, Kasit Piromya, di sela-sela rangkaian KTT ASEAN di Jakarta, 6 Mei 2011. Natalegawa mengatakan bahwa permasalahan TOR yang menjadi kendala pengiriman tim peninjau telah selesai.

"TOR bagi tim peninjau telah diselesaikan. Persetujuan secara penuh telah disampaikan. Pembahasan mengenai ini tidak akan dilakukan lagi," ujar dia.

Natalegawa mengatakan persetujuan TOR telah disampaikan secara resmi oleh pihak Kamboja dengan mengirimkan nota diplomatik kepada pihak Indonesia. Sementara itu, pihak Thailand belum menyampaikan nota diplomatik tanda persetujuan, namun secara lisan telah disampaikan.

"Sekarang fokus kita adalah bagaimana mengimplementasikan TOR di perbatasan," ujar Natalegawa.

Dia mengatakan bahwa pembicaraan selanjutnya setelah disetujuinya TOR adalah bagaimana menciptakan situasi kondusif untuk mengirimkan tim peninjau ke perbatasan.

VIVA Militer: Serangan drone milisi perlawanan Islam Irak ke Israel

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

Ini adalah seranga kedua dalam sepekan terakhir.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024