5 Kesalahan Parenting Anak Remaja yang Sering Dilakukan Orang Tua

Anak remaja cenderung canggung untuk dekat dengan orangtua
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Memasuki masa remaja merupakan fase penuh transisi bagi anak maupun orang tua. Di masa ini, anak mulai mencari jati diri, membangun kemandirian, dan mengeksplorasi berbagai hal baru. Di sisi lain, orang tua dihadapkan dengan tantangan untuk memahami dan membimbing anak mereka yang sedang berproses menuju kedewasaan.

Tingkatkan Pendidikan Komunikasi, Atma Jaya Gandeng Perhumas

Tak jarang, dalam proses ini, orang tua melakukan kesalahan dalam parenting anak remaja. Kesalahan-kesalahan ini, jika tidak disadari dan diperbaiki, dapat berdampak negatif pada perkembangan anak dan hubungan orang tua dan anak.

Berikut adalah 5 kesalahan parenting anak remaja yang sering dilakukan orang tua.

Kata Polisi soal Remaja Terkapar Ada Luka Sayatan di Leher

Ilustrasi memarahi anak.

Photo :

1. Kurangnya Komunikasi dan Terbuka

Dijamin Ampuh! Ini 6 Cara Perbaiki Kehidupan Pernikahan yang Bermasalah dengan Seks

Remaja membutuhkan ruang untuk berkomunikasi dan terbuka dengan orang tua mereka. Namun, tak jarang orang tua lalai menyediakan ruang ini, atau bahkan tanpa sadar menghambatnya. Hal ini dapat terjadi karena kesibukan orang tua, kurangnya pemahaman tentang kebutuhan remaja, atau gaya komunikasi yang kurang efektif.

Akibatnya, remaja bisa merasa tidak dimengerti, kesepian, dan mencari pelarian di luar rumah. Orang tua perlu berusaha untuk membangun komunikasi yang terbuka dan suportif dengan anak remaja mereka. Luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka, dengarkan dengan penuh perhatian, dan tunjukkan bahwa anda selalu ada untuk mereka.

2. Membandingkan dengan Orang Lain

Membandingkan anak dengan orang lain, baik itu saudara, teman, atau orang lain, dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan anak. Hal ini dapat membuat anak merasa tidak cukup baik, cemas, dan insecure.

Setiap anak memiliki bakat dan kemampuannya sendiri. Orang tua perlu fokus pada perkembangan anak mereka sendiri dan membantunya untuk mencapai potensi terbaiknya.

3. Kurangnya Apresiasi dan Dukungan

Remaja membutuhkan apresiasi dan dukungan dari orang tua mereka untuk membangun rasa percaya diri dan motivasi mereka. Orang tua yang jarang memberikan apresiasi dan dukungan kepada anak remajanya dapat membuat anak merasa tidak berharga dan tidak dihargai.

Ilustrasi keluarga

Photo :
  • Hard Rock Hotel Bali

Berikan pujian dan penghargaan kepada anak remaja anda atas pencapaian mereka, sekecil apa pun itu. Tunjukkan bahwa Anda bangga dengan mereka dan dukung mereka dalam mengejar mimpi dan cita-cita mereka.

4. Kurangnya Batasan dan Kedisiplinan

Meskipun penting untuk memberikan kebebasan kepada anak remaja, orang tua juga perlu memberikan batasan dan kedisiplinan yang jelas. Hal ini untuk membantu anak belajar bertanggung jawab dan membuat keputusan yang bijak.

Buatlah aturan dan batasan yang jelas di rumah dan pastikan anak memahaminya. Konsistenlah dalam menerapkan aturan dan berikan konsekuensi yang logis jika anak melanggarnya.

5. Terlalu Mengontrol dan Tidak Memberikan Kebebasan

Masa remaja merupakan masa di mana anak mulai ingin mandiri dan membuat keputusan sendiri. Orang tua yang terlalu mengontrol dan tidak memberikan kebebasan kepada anak remaja dapat menghambat perkembangan kemandirian dan rasa percaya diri mereka.

Penting bagi orang tua untuk memberikan kepercayaan kepada anak remaja mereka dan memberikan ruang bagi mereka untuk belajar dari pengalaman mereka sendiri. Orang tua tetap dapat memberikan arahan dan nasihat, namun hindari bersikap otoriter dan memaksakan kehendak kepada anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya