Psikolog Bagikan Tips Jitu Merawat Kesehatan Mental Ibu saat Mengasuh Anak

Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/javi_indy

Jakarta – Ketua Asosiasi Psikolog Rumah Sakit Indonesia (APRSI) Dian Kristyawarti Hasbara membagikan beberapa tips untuk merawat kesehatan mental ibu agar tetap nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari dan merasa tenang dalam mengasuh anak.

Tips Sehat Bugar ala Indira Sudiro: Jiwa, Tubuh dan Pikiran Harus Seimbang

"Upaya menjaga kesehatan mental ibu, yang pertama itu istirahat yang cukup, karena tidur yang cukup membantu menjaga keseimbangan kimia otak yang sehat dan penting untuk kesehatan mental," ujar Dian dikutip dari Antara Selasa 30 April 2024.

Ilustrasi menyusui/ASI.

Photo :
  • Freepik/freepik
Apparel Lokal Ortuseight Dipercaya Hadirkan Sportswear Kelas Dunia

Selain itu, Dian juga menyoroti pentingnya bagi ibu untuk mencari peran dukungan sosial yang bermanfaat sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mental mereka.

"Kalau memang kita butuh bantuan atau support system, memiliki dukungan sosial yang kuat dapat memberikan dorongan, harapan, dan rasa pemberdayaan,” ungkapnya.

Undang Gus Iqdam, Inul Daratista Gelar Pesta Ulang Tahun Meriah untuk Sang Putra

“Di beberapa kasus, bahkan dapat membantu mencegah atau mengurangi efek penyakit mental. Dukungan sosial bisa dari keluarga besar, teman, atau siapapun yang membantu saat kesulitan," sambungnya.

Dia menambahkan, tips berikutnya adalah berolahraga, karena tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan fisik, olahraga juga dapat merawat kesehatan mental.

“Bisa dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit. Beberapa penelitian menunjukkan, kegiatan fisik dapat mencegah pikun dan meningkatkan fungsi kognitif," ucapnya.

Tips berikutnya yakni membiasakan diri berpikir positif. Menurutnya berpikir hal yang baik-baik dapat menurunkan Tingkat stres psikologis dan efektif menurunkan Tingkat kecemasan.

Ilustrasi menyusui.

Photo :
  • Pixabay/Ben_Kerckx
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya