Gempa 7,3 SR Guncang Alaska

Mendayung di antara bongkahan-bongkahan es di Alaska
Sumber :
  • AP Photo/Lynn Dombek

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter terjadi di sekitar Pulau Aleutian, negara bagian Alaska, Amerika Serikat, pada Kamis malam, 23 Juni 2011. Gempa berpotensi tsunami, sehingga membuat warga di pulau kecil tersebut panik berlarian ke tempat tinggi.

Menurut Pusat Informasi gempa Alaska, titik gempa terletak sekitar 196 km timur kota Atka, dan 1.931 km sebelah barat kota Anchorage. Gempa terjadi di kedalaman 41 km.

Terpopuler: Jawaban Mamah Dedeh Soal Menantu Perempuan, Persiapan Penting Sebelum Menikah

Juru Bicara Departemen Keamanan dan Situasi Darurat AS   Jeremy Zidek mengatakan, gempa yang terjadi selama 20 detik tersebut dapat dirasakan di seluruh pulau Aleutians hingga pelabuhan Dutch dan Unalaska. Tidak ada kerusakan maupun korban jiwa yang dilaporkan akibat gempa.

Pusat Peringatan Tsuami Pantai Barat dan Alaska mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pantai sesaat setelah gempa. Namun peringatan ini dicabut kembali satu jam kemudian.

Warga setempat, Rodney Jones, mengatakan ratusan warga langsung berlarian ke tempat tinggi begitu alarm tsunami dibunyikan. Mereka berkumpul di sebuah bukit selama satu jam lamanya. Selama menunggu, pendeta setempat memimpin doa. (umi)

Pemain Timnas Indonesia U-23  Muhammad Ferarri

Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 disebut dibela Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akibat dicurangi wasit di Piala Asia. Benarkah hal tersebut?

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024