Pagi Ini Gempa 5,4 SR Guncang Jepang

Warga Jepang berlindung di bawah meja saat diguncang gempa bumi
Sumber :
  • AP Photo/Itsuo Inouye

VIVAnews - Jepang kembali diguncang gempa. Kali ini, gempa sebesar 5,4 pada Skala Richter mengguncang dan merusak salah satu peninggalan bersejarah di Negeri Sakura itu.

Sebagaimana dilansir dari laman Herald Sun, gempa yang mengakibatkan sedikitnya sembilan orang terluka itu mengguncang pada terjadi hari ini pukul 8:16 pagi waktu setempat. Menurut Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa berada di prefektur Nagano, yang berjarak 180 kilometer dari Tokyo.

Guncangan yang cukup besar akibat gempa ternyata merusak Kastil Matsumoto di Nagano, yang termasuk peninggalan bersejarah. Menurut laporan dari kantor walikota, dinding dalam sebuah menara yang ada di kastil retak.

Sebuah gempa susulan kembali mengguncang pada pukul 8:21 waktu setempat. Gempa kedua ini berskala 5,1 skala Richter dan berpusat di Matsumoto dan Yamagata. Walaupun cukup besar, namun kedua gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Jepang diguncang gempa terakhir kali di pulau Honshu pada pertengahan Maret 2011 silam, mengakibatkan ribuan korban jiwa melayang serta tiga pembangkit listrik tenaga nuklir bocor.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran
Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Warga Iran mulai menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Tiongkok tahun lalu untuk memulihkan hubungan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024