Kuil Ini Simpan Harta Karun Miliaran Dolar

Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ist

VIVAnews -- Sungguh tak terduga, Kuil Sree Padmanabha Swamy yang berdiri sejak abad ke-16, menyimpan harta tersembunyi bernilai miliaran dolar, lebih dari 1.000 kilogram uang emas, patung dewa dari emas berhias zamrud dan rubi, berkantong-kantong berlian, mahkota, dan ribuan kalung langka bertahtakan batu berharga -- yang panjangnya sampai enam meter.

Seperti dimuat, Irish Examiner, Selasa 5 Juli 2011, harta tak ternilai itu tersembunyi di dua ruang bawah tanah yang tertutup selama 150 tahun. Saking banyaknya jumlah koin, para arkeolog penyelidik sampai tak sempat menghitungnya. Diperkirakan nilai harta karun mencapai US$22 juta -- dari derma yang diberikan pada kuil selama berabad-abad. Namun, berapa pastinya jumlah harta yang terpendam belum bisa dipastikan. Sebab, masih ada ruang bawah tanah tersegel yang belum dibuka.

Setelah penemuan tersebut, kuil yang sebelumnya longgar pengamanannya, sontak dijaga ketat. Penemuan harta itu membuat kuil di Trivandrum, Kerala, wilayah selatan India itu menjadi situs religi paling kaya di negara itu.

Kuil tersebut dibangun oleh maharaja yang memerintah Kerajaan Travancore, beberapa ratus tahun lalu, untuk menghormati Dewa Wisnu. Kuil tetap berada di bawah kendali keluarga kerajaan setelah kemerdekaan India pada 1947.

Baru-baru ini, Mahkamah Agung India memerintahkan agar negara mengambil alih kuil itu. Demi alasan keamanan. Penjagaan di kuil dianggap tak memadai. Sebelum harta itu ditemukan, hampir tidak ada petugas keamanan terlihat di kuil. Saat ini, para penjaga bersenjata tongkat tampak berpatroli, untuk mengendalikan massa.

Kepala Polisi Kerala, Jacob Punnoose mengatakan, pihaknya mengirim petugas polisi tambahan untuk menjaga kuil. Sistem pengamanan teknologi tinggi juga direncanakan untuk melindungi harta karun itu.

Penemuan ini telah memicu perdebatan tentang masa depan harta karun tersebut. Pemimpin Hindu setempat, Vellappally Nateshan, berpendapat, harta itu harus berada dalam penjagaan pihak kuil. Sementara, beberapa aktivis sosial di Kerala menuntut, harta diserahkan kepada badan nasional yang nantinya menyalurkannya untuk membantu orang miskin. (umi)

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024