Kisruh Politik Malaysia

Satu Peserta Unjuk Rasa Meninggal Dunia

Demo Malaysia
Sumber :
  • AP Photo/Vincent Thian

VIVAnews -- Korban nyawa jatuh dalam bentrok antara aparat dan para demonstran di Malaysia, Sabtu 9 Juli 2011. Seorang peserta aksi Bersih 2.0 -- yang menuntut pemilu bersih dan adil -- Baharuddin Ahmad (59) meninggal dunia setelah terjatuh di muka Kuala Lumpur City Centre (KLCC).

Seperti dimuat TV Selangor, korban yang adalah suami  Ketua Wanita PKR Setiawangsa, Rusni Malan, tumbang akibat sesak nafas, saat polisi yang menghadang para demonstran melepaskan rentetan gas air mata ke arah pengunjuk rasa.

Baharuddin sempat dilarikan ke Hospital Kuala Lumpur, sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Jasad Naharuddin dimakamkan hari ini, Minggu 10 Juli 2011. Salah satu pelayat yang hadir adalah tokoh oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim. Ia datang memakai jaket biru dan penyangga leher. Untuk diketahui, Anwar juga mengalami luka-luka, terutama di bagian kepala.

"Kita harus mengusut kasus ini," kata Anwar. "Kami, Bersih dan Pakatan Rakyat, akan meneliti apa yang sebenarnya terjadi."

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Seperti dimuat Channel News Asia, kabar kematian Baharuddin datang saat aparat mengumumkan pembebasan ratusan pengunjuk yang ditangkap polisi anti huru-hara saat membubarkan aksi Sabtu kemarin.

Sementara, juru bicara kepolisian, Mohamed Yoosuf mengatakan, yang tewas bukanlah demonstran, tapi orang yang menonton aksi di pinggir jalan.  "Kematian itu tak ada hubungannya dengan demontrasi. Ia meninggal karena serangan jantung, tak ada luka, baik luar maupun dalam," kata dia.

Ditambahkan Ramli, sebanyak 1.667 demonstran yang ditahan, termasuk anggota parlemen dan pemimpin aksi, telah dibebaskan Sabtu tengah malam -- saat demonstran telah membubarkan diri.

Di antara mereka yang dibebaskan itu Ambiga Sreenivasan dan Maria Chin Abdullah, pemimpin kelompok Bersih. Juga Abdul Hadi Awang, presiden Pan-Malaysia Islamic Party (PAS), kelompok oposisi terbesar di negara itu, dan Nurul Iman - putri dari pemimpin oposisi Anwar Ibrahim.

Situasi Kuala Lumpur beranjak nornal Sabtu malam setelah polisi mencopot barikade yang dipasang sekitar kota jelang protes,  yang terbesar di Malaysia sejak tahun 2007.

Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024