Marak, Ternak Lebah di Kota

Ilustrasi lebah.
Sumber :
  • faqs.org

VIVAnews - Sarang lebah ada di hampir tiap sudut kota di Inggris. Mulai dari atap gedung perkantoran, tanah sewaan, halaman sekolah, sampai pekarangan belakang rumah. Istana Buckingham, Tate Modern, dan Fortnum & Mason hanya beberapa nama tempat terkenal dengan yang memiliki sarang lebah.

Dalam jangka waktu tiga tahun saja, keanggotaan asosiasi peternak lebah Inggris telah berlipat ganda menjadi 20 ribu. Dilansir dari harian The Guardian pada Minggu 7 Agustus 2011, peningkatan jumlah ini sejalan dengan bergesernya pembiakan lebah dari sekedar hobi penduduk kota menjadi gerakan lingkungan hidup.

Camilla Goddard adalah salah satu peternak lebah metropolitan baru yang melihat beternak lebah sebagai kontribusi untuk penyelamatan bumi. Wanita berusia 38 tahun ini beternak lebah di tamannya, di gedung kampus dan atap sebuah perusahaan kosmetik di Covent Garden, pusat kota London.

"Dengan beternak satu sarang lebah, Anda turut menyebar 50 ribu penyerbuk ke daerah perkotaan, dan ini dampaknya besar untuk lingkungan. Saya suka melakukan hal seperti ini, dimana biasanya kita tampak tak terpengaruh oleh hal-hal menyedihkan yang terjadi pada bumi, " katanya.

Fenomena yang sama juga terjadi di Amerika. Setelah larangan pembiakan lebah dicabut pada tahun 2010, lebih dari 100 orang telah mulai beternak lebah di taman, di atas restoran dan kantor di New York. "Ini adalah cara khusus untuk terhubung dengan alam," kata Vivian Wang, pengacara 27 tahun yang membuat sarang lebah di Manhattan.

Di Melbourne, Australia, asosiasi peternak lebahnya telah mencapai kapasitas maksimum sebanyak 160 anggota sehingga terpaksa harus menolak permintaan calon anggota yang ingin mendaftar. Tahun lalu, asosiasi peternak lebah London Utara harus melakukan hal yang sama ketika keanggotaannya mencapai 170.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Di Berlin, gedung parlemen, katedral dan planetariumnya bahkan memiliki sarang lebah karena terinspirasi Jean Paucto Paris, yang membiakkan lebah di atap Opera Paris selama hampir 20 tahun.

Paucto juga menginspirasi Ian Wallace, yang memiliki lima sarang lebah di atap pusat perbelanjaan Fenwick di Newcastle, Inggris.  "Saya pernah mendengar tentang skema serupa di London dan Paris. Saya lalu memutuskan jika itu cukup baik bagi mereka, maka itu juga cukup baik untuk Newcastle."

Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024