Salah Tuduh Teroris, Polisi Bayar Ganti Rugi

Polisi Inggris
Sumber :

VIVAnews - Kepolisian Nottinghamshire, Inggris, terpaksa meminta maaf dan membayar ganti rugi sebesar 20.000 poundsterling atau sekitar Rp276 juta karena salah menuduh seorang mahasiswa sebagai teroris. Mahasiswa ini sempat dipenjara selama tujuh hari enam malam untuk diinterogasi.

Seperti dilansir dari laman The Guardian, Rabu 14 September 2011, Rizwaan Sabir, 26, mahasiswa Universitas Nottingham, ditahan polisi pada 2008 setelah mengunduh dan mencetak manual latihan jaringan al-Qaeda. Padahal, dokumen setebal 140 halaman tersebut diperlukannya untuk riset pada salah satu mata kuliah.

Dia ditahan pada 14 Mei 2008 setelah universitas menemukan dokumen tersebut pada komputer rekan riset Sabir, Hisham Yezza. Sabir ditahan karena dituduh menggunakan dokumen itu untuk tujuan ilegal, yang merupakan pelanggaran Undang-undang Anti Tindak Terorisme Inggris.

Sabir ditahan selama tujuh hari sebelum salah satu dosen pengawas membenarkan dokumen yang dicetak Sabir memang benar untuk tujuan riset. Dokumen itu diambil Sabir dari situs pemerintah AS dan dapat dibeli di toko-toko buku. Polisi membebaskannya tanpa kompensasi maupun permintaan maaf apapun.

Namun, kasus ini kembali mengemuka setelah Sabir dan pengacaranya mengetahui bahwa kepolisian Notthinghamshire menyimpan laporan intelijen mengenai dirinya. Dalam laporan tersebut, polisi menyajikan informasi palsu yang mengatakan Sabir didakwa atas tindak terorisme. Padahal, kala itu dia tidak mendapatkan dakwaan apapun setelah dilepaskan.

Kuasa hukum Sabir langsung mengajukan gugatan terhadap kepolisian karena salah tangkap dan pelanggaran UU yang Berhubungan dengan Etnis tahun 1976 dan UU HAM tahun 1998. Pengacara juga menggugat polisi atas pelanggaran UU Perlindungan Data tahun 1998 mengenai dokumen intelijen.

Rencananya kasus ini akan dimejahijaukan pada Senin 19 September mendatang. Namun, kasusnya selesai minggu lalu saat polisi membayar kompensasi sebesar 20.000 poundsterling. Polisi juga meminta maaf atas penangkapan dan berjanji akan menghapuskan dokumen intelijen yang salah tersebut.

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido
Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024