Blewah di AS Berbakteri, 13 Tewas

Panen blewah
Sumber :
  • Antara/ Bhakti Pundhowo

VIVAnews - Sedikitnya 13 orang tewas dan 72 lainnya mengalami penurunan kondisi tubuh akibat wabah bakteri Listeria monocytogenes di Amerika Serikat. Wabah yang disebut-sebut paling mematikan selama puluhan tahun ini diduga berasal dari blewah Colorado yang terkontaminasi.

Dilansir dari laman BBC, Rabu 28 September 2011, blewah yang terkontaminasi diduga berasal dari sebuah perkebunan di kota Holly. Di perkebunan tersebut, bakteri Listeria juga ditemukan di peralatan serta mesin pengepakan.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) hingga kini masih menyelidiki bagaimana kontaminasi bisa terjadi. Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah memperingatkan jumlah korban bisa saja bertambah, karena gejala keracunan tidak segera muncul.

"Periode inkubasi sebenarnya merupakan masalah utamanya. Orang yang mengkonsumsi buah yang terkontaminasi selama dua minggu atau seminggu lalu bisa saja masih merasa sakit hingga berminggu-minggu kemudian," kata Robert Tauxe dari CDC.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Listeria monocytogenes merupakan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit listeriosis. Bakteri ini biasanya ditemukan di dalam tanah, di mana mereka mengkonsumsi materi tanaman mati. Ketika dikonsumsi, bakteri mengubah sifat mereka dan mampu memasuki sel. Kecuali jika bisa dikendalikan oleh respon imun, mereka dapat  memasuki aliran darah.

Jika bakteri memasuki aliran darah, racun listeria bisa berakibat sangat serius. Bisa memasuki  otak dan sistem syaraf, menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Tetapi yang paling berbahaya jika makanan yang terkontaminasi listeria dikonsumsi oleh wanita hamil, karena dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, prematur, atau menyebabkan kematian pada bayi baru lahir.

Gejalanya terjangkit bakteri ini biasanya diawali dengan demam, otot nyeri, mual dan diare. Gejalanya mungkin terlihat seperti gejala sakit biasa. Dan biasanya gejala akan timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan tercemar itu. Namun, bisa juga memakan waktu hingga dua bulan.

Individu yang paling rentan terhadap wabah bakteri Listeria adalah manula dan orang-orang yang memiliki ketahanan tubuh lemah. Bahkan, usia rata-rata korban wabah Listeria adalah 78 tahun.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

CDC mengatakan terdapat sekitar 800 kasus Listeria di AS setiap tahunnya. Sejak Juli 2011, sudah 18 negara bagian yang melaporkan adanya wabah Listeria, dengan korban berjatuhan di Texas, New Mexico, dan Maryland.

FDA dan CDC telah menghimbau masyarakat untuk segera membuang blewah yang diduga terkontaminasi Listeria secepatnya. Jika ada bagian dari buah tersebut yang mengenai permukaan kulit, harus dibersihkan secepatnya. (sj)

The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024