Ribuan Orang Antre Melihat Jenasah Khadafi

Pemimpin Libya Moammar Khadafi
Sumber :
  • REUTERS/ Max Rossi

VIVAnews - Pemimpin Libya, Muammar Khadafi tewas tertembak. Namun persoalan di Libya tak serta merta selesai. Libya masih mempunyai pekerjaan, yaitu memulihkan ketertiban. 

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Masyarakat Libya masih mempunyai kewajiban mengisi kekosongan tampuk kepemimpinan yang ditinggalkan Khadafi. Selain itu masyarakat Libya juga harus menjaga adanya pelanggaran hukum.

Hal tersebut disampaikan pemimpin sementara Libya, Mustafa Abdul Jalil, ketika mengumumkan hari kemerdekaan Libya di hadapan rakyat Libya.  Meski demikian beberapa kali Jalil menunjukkan keberatannya pada aksi kekerasan termasuk  desakan pejuang di Misrata, kota provinsi di Libya, untuk menampilkan jenazah mantan pemimpin Libya itu. Jalil khawatir ada penyalahgunaan dari pihak-pihak tertentu jika jenazah Khadafi ditampakkan.

Sementara di  Misrata, warga antre  melihat jenazah Khadafi. Warga beranggapan tidak melihat alasan untuk mempercepat pemakaman penguasa 42 tahun itu. "Orang ini bukan seorang Muslim. Jika ia seorang Muslim kita harus memperlakukannya dengan cara Islam," kata seorang warga  mengaku bernama  Sulaiman, seperti yang dikutip dari  Reuters.

Sementara pengunjung lain mengaku sengaja membawa anak-anaknya untuk melihat jenazah mantan pemimpin Libya itu.  "Kami membawa anak-anak  hari ini karena ini adalah kesempatan untuk melihat sejarah," kata Mohammad, pengunjung lainnya.

Hampir semua warga yang melihat jenazah Khadafi mengeluarkan sumpah serapah. Nyaris tak ada nada simpati dari warga Libya. "Kami ingin melihat orang arogan ini. dalam kondisi tak bernyawa Biarkan semua orang melihat dia," ujar seorang pengunjung.

Seperti yang diketahui  Khadafi dipastikan tewas akibat luka tembak. Hal ini disampaikan  seorang dokter yang terlibat dalam autopsi pada tubuh mantan pemimpin Libya itu. "Dia meninggal karena luka tembak. Hal ini jelas," kata dokter itu. Sayangnya dokter tersebut tidak memberikan keterangan rinci mengenai luka tempak yang terlihat rapi di pelipis kiri Khadafi.

Autopsi dilakukan pada Sabtu malam di sebuah kamar mayat di kota Misrata, sekitar 200 km timur Tripoli. Para pejabat setempat mengatakan tubuh Khadafi akan dibawa ke sebuah pasar tua di Misrata untuk dipamerkan ke publik.

Wulan Guritno Bongkar Efek Mengejutkan Hentikan Konsumsi Gula: Lemot dan Sensian!
Mufid Asnawi dan istri, pasutri di Trenggalek mampu berhaji berkat jualan pentol.

Kisah Mufid Bisa Naik Haji Sekeluarga Gara-gara Pentol

Berkat ketekunannya menjual pentol, tahun ini dia beserta istri, anak, dan menantunya bisa berangkat haji ke Tanah Suci.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024