Boeing 767 Berhasil Mendarat Tanpa Roda

Pesawat LOT Airlines mendarat darurat di Warsawa, 1 November 2011
Sumber :
  • REUTERS/Peter Andrews

VIVAnews - Pujian pantas disematkan kepada awak pesawat maskapai penerbangan Polandia, LOT. Pilot mampu mendaratkan Boeing 767 dengan selamat walau pesawat itu mengalami kerusakan roda sehingga tidak bisa difungsikan.

Menurut kantor berita Reuters, pendaratan darurat itu berlangsung di Bandar Udara Internasional Warsawa, Polandia, pada 1 November 2011 waktu setempat. Semua 230 penumpang dan awak selamat. Mereka saat itu menempuh perjalanan dari Bandara Newark di New Jersey, AS.

"Semua prosedur keselamatan berjalan dengan sempurna dan oleh karena itu tidak ada yang terluka," kata juru bicara maskapai LOT, Leszek Chorzeswki. Tayangan televisi menunjukkan bahwa pesawat itu harus mendarat tanpa roda. Percikan api terlihat saat badan pesawat membentur landasan selama pendaratan darurat.

Kendati demikian percikan api tidak menimbulkan dampak yang serius. Tim pemadam pun bekerja dengan cepat begitu semua penumpang keluar dari pesawat lewat prosedur darurat. "Saya sudah mengira bakal mengalami benturan dahsyat, namun pesawat bisa menyentuh landasan dengan lancar," kata seorang penumpang, Krzysztof Rozycki.

Menurut penyelidikan sementara, pesawat mengalami kerusakan sistem hidrolik, yang berfungsi mengoperasikan sirip sayap dan roda. Sistem cadangan pun hanya bisa mengaktifkan sirip sayap. Itulah sebabnya ketika sistem utama hidrolik rusak, pilot tidak bisa menurunkan roda dari badan pesawat jelang pendaratan.

Sesuai prosedur, pilot harus menunda pendaratan selama sejam. Selama penundaan itu pilot membuang semua sisa bahan bakar agar, ketika mendarat darurat, pesawat tidak berisiko terbakar.

Presiden Bronislaw Komorowski memuji prosedur pendaratan darurat pesawat LOT secara lancar. Komorowksi berencana memberi penghargaan kepada awak pesawat. "Kepada mereka yang terlibat, saya mengucapkan terima kasih yang paling tulus," kata Komorowski. Dia pun telah bertelepon dengan Kapten Lukasz Wrona, yang menjadi pilot pesawat itu.

Bandara di Warsawa masih tutup dan baru akan kembali beroperasi pada Rabu pagi waktu setempat. Maskapai LOT pun bekerja sama dengan Boeing untuk memindah pesawat dari landasan.

Setahun lalu Polanda diguncang tragedi kecelakaan pesawat. Pada April 2010, pesawat pemerintah yang membawa Presiden Lech Kaczynski dan para pejabat tinggi Polandia jatuh saat akan mendarat di Rusia. Semua penumpang tewas, termasuk Presiden Kaczynski.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024