AS Dakwa 7 Hacker Pembobol 4 Juta Komputer

Ilustrasi hacker.
Sumber :

VIVAnews - Pihak berwenang Amerika Serikat mendakwa tujuh orang hacker atas tuduhan pembajakan komputer. Mereka diduga menyebarluaskan perangkat lunak ke empat juta unit komputer di 100 negara yang mengarahkan komputer pengguna ke sebuah situs iklan online.

Dilansir dari kantor berita BBC, Kamis 9 November 2011, enam orang yang ditangkap berasal dari Estonia, sementara seorang lagi yang berasal dari Rusia masih buron. Mereka diduga meraup keuntungan sebesar US$14 juta (Rp125 miliar) dari pengiklan di situs tersebut, karena mengarahkan para pembeli potensial.

Sekitar 500 ribu komputer yang dibajak berada di AS. Sebanyak 130 di antaranya adalah milik badan luar angkasa NASA, yang pertama kali menemukan perangkat lunak mencurigakan ini.

Pengacara pemerintah, Preet Bhahara, mengatakan kasus semacam ini baru pertama kali terjadi karena para terdakwa merancang sendiri server mereka untuk secara diam-diam mengalihkan jalur internet menuju situs pengiklan. Dari sini mereka mendapatkan bagian keuntungan setiap klik pengunjung.

Di antara situs-situs yang dialihkan oleh para tersangka untuk menuju situs iklan adalah Amazon, Netflix dan ESPN. (umi)

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024