Pembantai Norwegia Mulai Diadili Hari Ini

Anders Behring Breivik
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Anders Behring Breivik, teroris Norwegia pembunuh 77 orang di Oslo dan pulau Utoya, akan menjalani sidang pertamanya hari ini, Senin 14 November 2011. Keamanan diperketat selama proses persidangan dilakukan.

Dilansir dari laman CNN, persidangan pertama akan dihadiri para keluarga korban, yang pertama kalinya melihat secara langsung sosok Breivik. Lelaki ini akan dihadirkan di pengadilan dengan tangan dan kaki terbelenggu.

Dalam sidang pertamanya ini, hakim akan memutuskan Breivik akan tetap ditahan hingga persidangan berikutnya pada musim semi tahun depan.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Menurut undang-undang di Norwegia, kejahatan Breivik akan diganjar hukuman penjara 21 tahun lamanya. Namun, melihat tingkat kejahatannya, bukan tidak mungkin hukuman Breivik jauh lebih besar, atau bahkan hukuman mati.
 
Breivik didakwa bersalah atas tewasnya delapan orang akibat ledakan bom yang dipasangnya di Oslo. Sebanyak 69 lainnya tewas ditembakinya di pulau Utoya. Serangan tunggal Breivik ini disebut sebagai yang paling mematikan di negara Skandinavia sejak Perang Dunia II.

Sebelum melancarkan aksi mengerikannya tersebut, pria ini sempat menulis manifesto setebal 1500 halaman yang berisi kebenciannya terhadap imigrasi Muslim dan liberalisme Eropa. Pria berpaham sayap kanan ekstrem ini mengaku tidak bersalah atas pembunuhan yang dia lakukan. (eh)

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Terpopuler: Marselino Ferdinan Negara Lucu, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23

Berita terkait Timnas Indonesia U-23 masih menjadi favorit pembaca VIVA sepanjang Sabtu 4 April 2024. Terutama adalah respons Marselino Ferdinan terharap kritik netizen.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024