Kerusuhan di Arab Saudi, Empat Tewas

Pasukan keamanan Arab Saudi berjaga di Ibu Kota Riyadh.
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Sedikitnya empat orang tewas dan sembilan terluka dalam bentrok yang terjadi di Arab Saudi. Dua tewas dalam aksi protes, sementara dua lainnya tewas dalam sebuah prosesi pemakaman di Qatif, sebelah timur Arab Saudi, yang menjadi basis kaum Syiah. Aparat Saudi menduga aksi itu didalangi pihak asing.

"Tujuan para perusuh adalah mencapai tujuan-tujuan meragukan yang diinstruksikan pemimpin asing mereka," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mansur al-Turki, seperti dikutip stasiun berita CNN, 24 November 2011. Al-Turki juga mencurigai rusuh di Kota Qatif disebabkan oleh pihak asing, walau ia menolak menyebutkan secara spesifik.

"Apa yang penting untuk dihadapi warga Arab Saudi saat ini adalah menjaga kedamaian negara dan kerajaan. Saya tidak akan menyebut kelompok yang saya maksud, namun yang penting sekarang adalah menyeret orang-orang itu ke meja hijau dan memaksa mereka mengaku siapa yang menyuruh mereka," lanjut Al-Turki, seperti dikutip dari Arab news.

Dalam kerusuhan Qatif, kelompok perusuh memblokir jalan dan membakar ban. Mereka juga memebrondong polisi dengan tembakan serta menjadikan orang-orang tak bersalah sebagai tameng.

Al-Turki menyatakan telah meminta pemerintah dan penduduk provinsi timur Arab Saudi untuk bekerjasama. Apalagi korban-korban yang jatuh juga tidak diketahui statusnya, entah mereka sebagai masyarakat sipil yang sedang naas atau termasuk salah satu yang ikut aksi kerusuhan. (adi)

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti dalam perempatfinal Piala Asia U23 Jumat 26/4.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024