Aung San Suu Kyi Senang Diperhatikan AS

Menlu Hillary Clinton bersama dengan Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Saul Loeb/Pool

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, puas atas kunjungannya yang bersejarah ke Myanmar. Dia merasa mendapat sambutan baik dari pemerintah setempat dan kubu oposisi, yang bersama-sama berkomitmen ingin mewujudkan demokrastisasi di negara mereka, setelah sekian lama diperintah junta militer.

Kegembiraan Clinton dilontarkan kepada pejuang demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi. Menurut kantor berita Reuters, ibarat sobat lama, mereka sampai bertemu dua kali.
 
Setelah makan malam di rumah dinas Kepala Misi Diplomatik AS di Yangon, Clinton dan Suu Kyi hari ini kembali bertemu. Giliran Suu Kyi yang menjamu Clinton di rumahnya.

Mereka tidak segan-segan saling berpelukan dan berpegangan tangan secara erat. Kedua perempuan politisi terkemuka itu setuju untuk bekerjasama mewujudkan demokrasi di Myanmar.

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

"Kami senang dengan bagaimana Amerika Serikat melibatkan diri dengan kami dan melalui keterlibatan itu kami berharap akan memperjuangkan demokratisasi," kata Suu Kyi, seperti dikutip Reuters. Dia juga menilai lawatan Clinton ini merupakan momen bersejarah bagi kedua negara.

"Saya optimistis jika kami bekerjasama, demokrasi pasti bisa dicapai Myanmar," kata Suu Kyi, seperti dimuat stasiun berita BBC, 2 Desember 2011. Namun ia segera menekankan, jalan Myanmar menuju demokrasi masih sangatlah panjang.

Suu Kyi mengaku senang dengan telah adanya perubahan di Myanmar yang memungkinkan partainya untuk ikut pemilu. Meski demikian, menurut peraih Nobel Perdamaian 1991 ini, masih banyak yang masih harus dilakukan, termasuk membebaskan para tahanan politik.

Tak hanya itu, Myanmar juga masih menghadapi isu konflik antar etnis. Sebelum bertemu Suu Kyi, Clinton sendiri telah mengatakan pada Presiden Myanmar akan membantu Myanmar dalam hal finansial dan diplomatik saat menghadap Presiden Myanmar Thein Sein.

Kunjungan Hillary Clinton ke Myanmar kali ini adalah yang pertama kalinya dilakukan menteri luar negeri AS dalam kurun 50 tahun.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024