Kroasia Jadi Anggota Uni Eropa ke 28

Presiden Kroatia Ivo Josipovic (ki) and PM Jadranka Kosor di Uni Eropa
Sumber :
  • REUTERS/Sebastien Pirlet

VIVAnews - Kroasia menandatangani traktat keanggotaan Uni Eropa (UE) terhitung di tahun 2013 nanti, pada Jumat 9 Desember 2011. Namun sebelum dapat menjadi anggota, pemerintah harus menggelar referendum persetujuan dari rakyat.

Seperti dilansir Aljazeera, Kroasia adalah negara kedua dari negara-negara pecahan Yugoslavia yang bergabung dengan UE setelah Slovenia. Penandatanganan traktat ini disebut-sebut sebagai peristiwa bersejarah dalam 20 tahun sejak Kroasia merdeka.

"Kami akhirnya dapat menembus batasan di Eropa," kata Presiden Kroasia, Ivo Josipovic, usai penandatanganan traktat bersama dengan Perdana Menteri Kroasia Jadranka Kosor yang disaksikan oleh 27 kepala negara.
 
Sebelum masuk secara resmi sebagai anggota UE pada 1 Juli 2013, pemerintah Kroasia akan menggelar referendum pada awal tahun depan. Referendum ini untuk mendapatkan persetujuan dari rakyat. Pada jajak pendapat sebelumnya, 60 persen rakyat Kroasia mendukung rencana tersebut.

Masuknya Kroasia diharapkan dapat membantu meringankan beban perekonomian yang tengah melanda UE. Dengan populasi sebanyak 4,2 juta orang, perekonomian negara ini bergantung pada pariwisata pantai Adriatic. Tingkat pengangguran Kroasia adalah sebesar 17 persen.

Sementara itu, upaya keanggotaan Serbia di UE masih belum mendapat persetujuan para kepala negara. Pembicaraan mengenai hal ini akan dibahas di KTT tahun depan. Sebelum menjadi anggota UE, Serbia diharapkan dapat menghentikan bentrokan dengan Kosovo yang merdeka 2008 lalu.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024