Teroris Belgia Punya 9.500 Komponen Senjata

Aksi penembakan dan pelemparan granat di Belgia
Sumber :
  • REUTERS/Jim Sumkay

VIVAnews - Pihak berwenang Belgia belum mengetahui motif Nordine Amrani, yang menembaki kerumununan orang dan melemparkan granat di kota Liege, 13 Desember 2011. Aksi brutal itu menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 75 lainnya.

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Amrani sendiri lalu bunuh diri. Dia tidak asing di kepolisian Liege karena sebelumnya memiliki rekam jejak kriminal.

Dilansir dari The Telegraph, Selasa 13 Desember 2011, Amrani sebelumnya pernah dipenjara karena kepemilikan senjata dan narkoba, serta kejahatan pencurian dan kriminal lainnya. Penutut umum kota Liege, Daniele Reynders, mengatakan bahwa pada September 2008, Amrani pernah ditahan selama 58 bulan setelah ditemukan senjata di rumahnya.

Polisi kala itu menemukan 10 senapan dan 9.500 komponen senjata di kediamannya. Selain itu, polisi juga menemukan 2.800 pot tanaman ganja. Menurut ahli persenjataan di kepolisian, Amrani cukup piawai dalam persenjataan. Amrani dikatakan dapat membongkar, memperbaiki dan merakit kembali segala jenis senjata api.

Amrani dibebaskan lebih cepat pada tahun lalu. Motif penyerangannya tidak diketahui. Selama di penjara, Amrani dikatakan berlaku baik dan tidak menunjukkan perilaku agresif. Kejiwaannya juga dikatakan baik-baik saja, dia juga tidak ada kaitannya dengan organisasi teroris manapun.

Selasa pagi, harusnya Amrani berada di kantor polisi untuk melapor. Tapi dia malah ke alun-alun Saint-Lambert di Liege, menyerang kerumunan warga yang tengah berbelanja keperluan Natal. Salah satu korban tewas adalah bayi 17 bulan. Menurut saksi mata, dia melemparkan tiga granat ke arah massa.

Amrani tewas di tempat tersebut, saksi mengatakan Amrani menembak dirinya sendiri. Masih belum jelas apakah dia bunuh diri atau terbunuh akibat terkena granat yang dilemparkannya. Polisi masih melakukan penyelidikan terkait hal ini.

"Penyelidik akan mencari tahu apakah dia bunuh diri atau persenjataan yang dia bawa yang membunuhnya," kata Reynders. (ren)

Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024