Tahun Ini 66 Jurnalis Tewas di Penjuru Dunia

Para fotografer di Korea Selatan memfoto suatu selebaran
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVAnews - Tahun ini sedikitnya 66 jurnalis di seluruh dunia terbunuh saat menjalankan tugas. Banyak di antara mereka yang tewas saat meliput wilayah-wilayah yang bergejolak, seperti revolusi di sejumlah negara Arab, kejahatan geng di Meksiko, atau kisruh politik di Pakistan.

Menurut kelompok Wartawan Tanpa Batas (RSF), jumlah serupa juga jatuh di Amerika Latin dimana tingkat kekerasan meninggi. Dilansir dari kantor berita Reuters, 21 Desember 2011, Pakistan menjadi negara yang paling berbahaya bagi para jurnalis selama dua tahun berturut-turut. Sepuluh pewarta tewas di sana, sebagian besar karena dibunuh.

Sekitar 1044 jurnalis juga ditahan pada tahun ini saat meliput aksi protes yang terjadi di Tanah Arab hingga Yunani dan Amerika Serikat. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

"Dari Tahrir Square di Kairo sampai ke Khuzdar di Pakistan Barat Daya, dari Mogadishu hingga kota-kota di Filipina, resiko bekerja sebagai jurnalis saat politik tengah labil lebih tinggi dibandingkan periode manapun di 2011," kata RSF.

RSF juga menyebutkan China, Iran, dan Eritrea sebagai negara yang paling banyak memenjarakan jurnalis tanpa merinci jumlahnya. Selain itu, disebutkan pula 10 lokasi yang dinilai paling berbahaya bagi jurnalis.

Di antara lokasi tersebut adalah Abidjan, Pantai Gading, di mana setidaknya dua jurnalis tewas dalam kerusuhan pemilu; serta Tahrir Square, Kairo di mana para jurnalis diserang oleh pendukung Hosni Mobarak sebelum mengundurkan diri pada Februari lalu.

Tempat-tempat yang penting pada Revolusi Arab seperti Deraa, Homs, dan Damaskus di Suriah; Change Square di Sanaa, Yaman; serta basis kelompok pemberontak Libya di Misrata juga masuk dalam daftar.

Tahun lalu, sebanyak 57 jurnalis di seluruh dunia terbunuh. Namun, tahun terburuk bagi para jurnalis adalah 2007, dimana Perang Irak menyebabkan jumlah jurnalis yang tewas mencapai 87 orang. (eh)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024