Ancam Koran, Presiden Jerman Didesak Mundur

Presiden Jerman Christian Wulff
Sumber :
  • Reuters/ Tobias Schwarz

VIVAnews - Presiden Jerman Christian Wulff sedang menghadapi kecaman publik luas setelah ketahuan mengancam media massa melalui telepon. Partai-partai sekutu dan oposisi Jerman langsung bereaksi, meminta Wulff mundur.

Pada Senin 2 Januari 2012, terungkap Wulff mengirim pesan suara telepon ke harian Bild itu berisikan ancaman gugatan hukum dan bahkan "perang" jika memberitakan pinjaman perumahan yang Wulff setuju diberi harga murah. Selasanya, media lain, Welt am Sonntag, juga menurunkan laporan Wulff menekan mereka mengenai berita lain.

Presiden Jerman diharapkan menjadi kompas moral bagi bangsa yang menetapkan hukum konstitusi di atas segala-segalanya, yang termasuk mengatur soal kebebasan pers.

Holger Zastrow, Wakil Ketua Partai Demokrat Bebas, anggota koalisi yang memerintah, turut mengecam Wulff yang merupakan elite Partai Demokrat Kristen (CDU) yang dipimpin Kanselir Jerman Angela Merkel. "Jika seorang Presiden Jerman secara pribadi mengangkat telepon menghubungi seorang redaktur dan meninggalkan pesan di kotak suara, jelas ini buka seorang presiden yang saya harapkan," kata Zastrow.

Anggota-anggota koalisi jelas meminta Wulff menjelaskan soal perilakunya itu. Namun tampaknya partai utama, CDU, masih memberikan dukungan pada Wulff.

"Christian Wulff telah meminta maaf atas teleponnya ke koran Bild. Permintaan maaf ini telah diterima. Itu harusnya dihormati setiap orang," kata Sekretaris Jenderal CDU Hermann Groehe kepada Sueddeutsche Zeitung.

Namun oposisi sudah bergolak. Thomas Oppermann, seorang anggota senior Partai Sosial Democrat (SPD), menyatakan masa Wulff telah habis. "Presiden Jerman tidak di atas hukum. Itu juga berlaku atas kebebasan pers. Jelas tindakannya tak pas untuk seorang presiden menghentikan laporan bebas."

Berita soal pinjaman perumahan ini memalukan bagi Wulff karena terjadi saat dia menjadi pemimpin negara bagian. Isunya berkembang menjadi konflik kepentingan dan bahkan kaitan dia dengan seorang pengusaha yang memberinya pinjaman tersebut.

Riset: Produk Tembakau Alternatif Kurangi Risiko Kebiasaan Merokok

Reuters

ilustrasi pernikahan India

4 Ramalan Zodiak yang Bakal Beruntung dalam Pernikahan, Kamu Termasuk?

Beberapa zodiak yang sering dikaitkan dengan sifat-sifat, yang mungkin mendukung hubungan yang stabil dan harmonis. Ini tentu saja bersifat umum dan tidak selalu berlaku.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024