Anwar Ibrahim: Keadilan Telah Ditegakkan

Anwar Ibrahim
Sumber :
  • Reuters / Bazuki Muhammad

VIVAnews – Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Dr Rais Yatim menyatakan, putusan bebas terhadap Anwar Ibrahim adalah bukti independensi peradilan Malaysia.

Ia menambahkan, bebasnya pemimpin oposisi Malaysia itu dari dakwaan sodomi juga menunjukkan bahwa pemerintah Malaysia tidak ikut campur tangan atas keputusan apapun yang diambil hakim. Lebih lanjut Rais berpendapat, ini adalah buah reformasi yang dilakukan oleh Perdana Menteri Najib Razak.

“Gelombang reformasi demokratis yang diperkenalkan oleh Perdana Menteri Najib Razak ini akan menyebarkan transparansi ke segala sektor kehidupan rakyat Malaysia,” kata Rais seperti dilansir thestar, Senin 9 Januari 2012.

Anwar Ibrahim sendiri mengaku terkejut dan gembira atas keputusan Pengadilan Tinggi yang membebaskannya dari dakwaan sodomi. “Keadilan telah ditegakkan. Kami punya agenda, dan selanjutnya kami akan berkonsentrasi pada pemilu,” kata Anwar usai Hakim Pengadilan Tinggi Mohamad Zabidin Mohd Diah membacakan putusannya.

Anwar berterima kasih kepada para pengacaranya yang telah bekerja keras selama persidangan, dan kepada keluarganya serta para pemimpin partai oposisi PKR dan PAS atas dukungan mereka selama ini. “Masih terlalu awal untuk mengatakan apapun, karena masih ada kesempatan bagi jaksa untuk melakukan banding. Apapun, saya berterima kasih atas putusan ini,” ucap Anwar.

Putusan bebas ini sekaligus menandai akhir dari persidangan panjang yang dijalani Anwar selama dua tahun. “Syukur alhamdulillah,” kata istri Anwar, Wah Azizah Wan Ismail. Pengadilan memutus Anwar bebas karena bukti-bukti yang diajukan dinilai tidak memadai.

“Setelah melihat bukti-bukti yang ada, pengadilan tidak dapat yakin seratus persen atas validitas sampel DNA. Karena ini kejahatan seksual, pengadilan ragu dengan pembuktian yang seluruhnya hanya didasarkan pada testimoni Saiful yang tidak didukung bukti lain. Dengan demikian, terdakwa dibebaskan dari tuduhan, ” kata hakim. (umi)

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse
Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024