Diisukan Wafat, Mandela Dinyatakan Sehat

Nelson Mandela mencintai batik
Sumber :
  • http://s2smagazine.com

VIVAnews - Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dinyatakan dalam kondisi sehat setelah menjalani laparoskopi di sebuah rumah sakit di kota Pretoria kemarin. Dia sudah diperbolehkan pulang setelah dirawat semalam dan kembali ke rumahnya di Houghton, Johannesburg.

"Untuk ukuran orang seusianya, kondisi Mandela sangat baik," kata Menteri Pertahanan Afrika Selatan, Lindiwe Sisulu, seperti dimuat Los Angeles Times, Minggu 26 Februari 2012. Presiden Afsel Jacob Zuma pun mengkonfirmasi kepulangan Mandela dan mengatakan tidak ada yang serius pada kondisi kesehatan pria berusia 93 tahun itu.

Pihak berwenang Afsel tidak merinci sebab Mandela menjalani laparoskopi, prosedur bedah minor dimana sebuah kamera dimasukkan ke dalam tubuh untuk memeriksa kondisi area perut dan panggul. Mereka hanya menyebutkan, laparoskopi dilakukan karena sudah lama Mandela mengeluhkan rasa tidak nyaman pada perutnya.

Selama ini, kondisi kesehatan Mandela menjadi topik hangat di Afsel. Lebih dari setahun silam, saat presiden kulit hitam pertama Afsel ini dirawat di rumah sakit karena infeksi saluran pernafasan akut, banyak rumor yang menyebutkan dia menderita kerusakan paru, koma, bahkan meninggal dunia.

Telegraph memberitakan, isu meninggal dunia pun kembali mencuat saat Mandela menjalani laparoskopi, terutama di Twitter. Banyak pengguna yang memposting pesan bernada duka atas kepergian pria dengan nama kecil Madiba ini, yang kemudian terbukti sebagai rumor belaka.

Selain dikenal sebagai presiden kulit hitam pertama, Nelson Mandela juga dikenal sebagai simbol kebebasan Afsel karena gerakan anti apartheidnya. Seiring dengan bertambahnya usia dan perkembangan kondisi kesehatannya, peraih Nobel Perdamaian ini mengurangi kemunculannya di depan publik. (eh)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024