DK PBB Godok Resolusi Baru Soal Suriah

Sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVAnews - Dewan Keamanan (DK) PBB tengah menggodok resolusi baru soal Suriah, kali ini bertujuan membuka akses bagi bantuan kemanusiaan ke berbagai wilayah konflik di negara tersebut. Resolusi ini sebenarnya memiliki maksud yang sama dengan resolusi sebelumnya, namun diubah fokusnya agar mendapat persetujuan China dan Rusia.

Seperti diberitakan BBC, Rabu 29 Februari 2012, resolusi ini tengah dirancang oleh para diplomat Amerika Serikat dan Prancis di PBB. Resolusi ini belum masuk ke tataran seluruh anggota DK PBB, namun telah dibicarakan oleh negara-negara Barat.

BBC menuliskan, resolusi kali ini untuk membuat Rusia dan China berat menerapkan veto mereka. Sebelumnya, resolusi DK PBB dimentahkan dua negara ini karena khawatir campur tangan asing di permasalahan domestik Suriah.

Dalam resolusi sebelumnya, dikatakan bahwa PBB menuntut dihentikannya kekerasan dan mundurnya Presiden Bashar al-Assad. Resolusi kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya kemasannya saja yang lain. Ini diharapkan dapat membuat Rusia dan China menyetujuinya.

"Resolusi ini akan dipusatkan pada akses bantuan kemanusiaan ke beberapa kota di Suriah, tapi sekaligus menegaskan bahwa pemerintahlah yang menyebabkan terjadinya krisis di negara itu," kata salah seorang diplomat Perancis yang tidak disebutkan namanya.

China sudah menunjukkan respon positifnya dalam mendukung rencana resolusi baru tersebut. Menteri Luar Negeri China, Yang Jiechi, mengatakan bahwa negaranya siap bekerja sama dengan Liga Arab untuk menyelesaikan konflik di Suriah.

"Komunitas internasional harus menciptakan kondisi yang aman untuk pemberian bantuan ke Suriah," kata Yang, dilansir dari Xinhua.

PBB mencatat, korban tewas warga sipil di Suriah telah mencapai 7.500 orang, sejak demonstrasi menentang Assad dimulai Maret lalu. Pasukan pemerintah terus menggempur kota yang mereka yakini sarang pemberontak.

Sedikitnya 100 orang terbunuh dalam dua hari di kota Homs. Di salah satu distrik kota ini, Baba Amr, masyarakat terjepit, kekurangan makanan, air dan obat-obatan. (umi)

Menikah Hari Ini, Intip Suasana Kediaman Mahalini yang Penuh Dekorasi Khas Bali
Detektif Jubun

Rahasia Kesuksesan Detektif Jubun: Selalu Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Bisnis

Detektif Jubun terkadang membangun kedekatan emosional dengan para klien hingga rekan bisnisnya dengan saling memperkenalkan anggota keluarga, bahkan menjadi teman curhat

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024