Korut Bersedia Hentikan Ujicoba Nuklir

Kim Jong-un periksa pos militer Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/ KRT via Reuters TV

VIVAnews - Korea Utara bersedia menghentikan uji coba nuklir, pengayaan uranium, dan peluncuran rudal jarak jauh. Bahkan pemerintah negara dinasti komunis itu bersedia diperiksa oleh tim inspektur nuklir internasional (IAEA).

Menurut kantor berita Reuters, langkah besar itu diumumkan bersama oleh Departemen Luar Negeri AS dan kantor berita pemerintah Korut, Rabu waktu setempat. Ini merupakan hasil perundingan rahasia antara para diplomat Amerika dan Korut di China pekan lalu.

Moratorium program senjata nuklir Korut ini sudah lama dinanti-nanti AS dan masyarakat internasional. Pasalnya, program senjata nuklir itu menjadi salah satu sumber ketegangan di Semenanjung Korea.

"Bagi kami, itu adalah langkah positif pertama untuk mewujudkan perlucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea dengan cara damai," kata juru bicara kantor kepresidenan AS, Jay Carney.

AS berharap moratorium itu bisa berlanjut pada diteruskannya lagi perundingan enam pihak. Forum yang melibatkan AS, Korut, Korsel, Jepang, China, dan Rusia itu terhenti selama bertahun-tahun setelah diboikot rezim di Pyongyang, yang kala itu dipimpin Kim Jong-il, yang wafat tahun lalu dan kini diganti putranya, Kim Jong-un.

Dunia Games Sudah Usai

Kirim Makanan

Sebagai imbal balik atas moratorium nuklir itu, AS berencana mengirim lagi bantuan pangan ke Korut. Washington sudah menyiapkan 240.000 metrik ton untuk dikirim ke negara yang bertahun-tahun dilanda bencana kelaparan itu. AS sebelumnya juga pernah mengirim bantuan serupa namun mereka hentikan pada 2009. 

Berdasarkan proposal baru, AS siap mengirim 20 metrik ton makanan per bulan ke Korut. Paket ini termasuk minyak sayur dan makanan khusus untuk memerangi malnutrisi di kalangan anak-anak, ibu hamil, dan orang-orang yang rentan secara fisik. 

Namun, ada kalangan yang memperingatkan agar AS jangan lagi terkecoh oleh manuver Korut. Pada dekade 1990-an Korut pernah mengumumkan hal serupa demi mendapat bantuan pangan, namun setelah itu kembali meneruskan program nuklir mereka sekaligus melanjutkan ketegangan dengan AS.

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP
Desta Liburan Bersama Natasha Rizky dan Anak-anaknya

Bikin Mewek, Megumi Masih Ingat Saat Desta dan Natasha Rizky Berantem

Natasha Rizky kemudian kembali bertanya hal apa yang membuat putri sulungnya itu sedih. Awalnya Megumi nampak sangat berhati-hati dalam menjawab.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024