Korut Kacaukan Sinyal Penerbangan Korsel

Pesawat Korean Air
Sumber :
  • airlinereporter.com

VIVAnews - Gangguan sinyal mengacaukan navigasi GPS untuk penerbangan di Korea Selatan sejak Sabtu pekan lalu. Diduga kuat gangguan sinyal ini adalah ulah dari Korea Utara.

Sarwendah Blak-blakan Soal Sakit yang Diidap Hingga Harus Operasi

Diberitakan BBC, gangguan sinyal ini mempengaruhi sekitar 250 penerbangan dari dan ke Korsel. Kementerian Perhubungan Korsel mengatakan, ratusan penerbangan itu berasal dari sembilan maskapai dalam dan luar negeri.

Akibat gangguan GPS, penerbangan harus menggunakan sistem navigasi alternatif lainnya. Beruntung, gangguan sinyal tidak sampai membahayakan penerbangan.

"Kami konfirmasikan, gangguan sinyal GPS dilakukan oleh Korea Utara," kata wakil direktur Komisi Komunikasi Korsel di Seoul, Lee Kyung-woo. Belum ada konfirmasi ataupun bantahan dari pihak Korut.

Ini bukan kali pertama Korsel menuduh Korut mengganggu sistem persinyalan mereka. Sebelumnya pada Agustus 2010 dan Maret 2011, hal serupa juga pernah terjadi.

Hubungan kedua negara saat ini kian tegang pasca peluncuran roket pembawa satelit oleh Korut beberapa waktu lalu. Roket yang gagal dan jatuh ke laut itu oleh Korsel, AS dan Jepang, dikatakan adalah kedok dari uji coba rudal jarak jauh.

Kedua negara di Semenanjung Korea ini masih dalam status perang setelah Perang Korea 1950-1953 hanya berakhir dengan gencatan senjata. Pada 23 April lalu, Korut mengancam akan melakukan aksi tidak terduga terhadap musuh-musuhnya, termasuk meratakan mereka menjadi abu. (sj)

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan
Tunggal putrI Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Susunan Pemain Indonesia Vs Jepang di Uber Cup, Gregoria Mariska Lawan Akane Yamaguchi

Indonesia akan menghadapi Jepang di laga pamungkas fase Grup C Uber Cup 2024. Duel digelar di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Rabu 1 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024