Setelah 50 Tahun, Koran Swasta Terbit Lagi di Burma

Koran swasta The Voice Daily kembali terbit di Burma
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun
VIVAnews -
Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global
Setelah 50 tahun diberangus, akhirnya koran swasta kembali diperbolehkan terbit di Myanmar. Ini menjadi satu lagi hasil reformasi birokrasi dan politik di negara yang juga disebut Burma tersebut.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Diberitakan
Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23
BBC , Senin 1 April 2013, sebanyak 16 koran swasta telah mendapatkan izin terbit dari pemerintahan Myanmar. Namun, hanya empat di antaranya yang siap cetak hari ini.


Agustus tahun lalu, pemerintahan Thein Sein mengumumkan bahwa para wartawan tidak perlu lagi melaporkan tulisan mereka secara rutin ke badan sensor sebelum diterbitkan. Desember lalu, Myanmar mengumumkan koran swasta boleh terbit kembali pada 1 April.


Untuk terbitan pertama, para penerbit hanya akan mencetak beberapa ribu eksemplar, melihat reaksi pasar. Seorang editor yang sudah sepuh mengaku sangat gembira dia bisa menulis dan mencetak koran lagi.


"Saya melihat masih banyak rintangan. Namun, saya siap menerbitkan koran dengan semangat kebebasan dan profesionalitas yang diajarkan pendahulu saya di masa-masa keemasan dulu," kata Khin Maung Lay, 81, redaktur koran
Golden Fresh Land
.


Partai Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi, juga akan menerbitkan koran mereka sendiri pada akhir bulan ini. Suu Kyi dikenal sebagai tokoh demokrasi yang hidup dalam penjara rumah selama pemerintahan junta militer.


Sejak pemerintah junta mengambil alih kekuasaan pada tahun 1964, berbagai penerbitan swasta berbahasa Burma, Inggris, India dan China, dibredel dan dilarang edar.


Para wartawan juga menjadi sasaran kekerasan dan pengawasan ketat pemerintah. Telepon mereka disadap dan mereka kerap disiksa di dalam penjara. Koran-koran yang melanggar aturan junta langsung ditutup. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya