Selandia Baru Telah Masuki Tahun 2014

Perayaan Tahun Baru
Sumber :
  • http://klimg.com
VIVAnews
Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus
- Di saat masyarakat Indonesia tengah menunggu pergantian tahun dalam hitungan beberapa jam lagi, warga Selandia Baru telah lebih dulu membuka hari baru. Tepat pukul 00:00 waktu Selandia Baru atau 18:00 WIB, warga di sana telah memasuki tahun 2014.

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Dilansir laman
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
Mirror , Selasa 31 Desember 2013, perayaan pergantian tahun dipusatkan di ibukota Selandia Baru, Auckland, tepatnya di gedung pencakar langit, Sky City. Dari gedung tersebut, muncul kembang api dan berlangsung kurang lebih satu menit.

Tidak mau kalah, warga Selandia Baru lalu ikut membunyikan klakson mobil seraya berteriak. Keriuhan itu bahkan terdengar hingga jarak yang cukup jauh.


Warga lantas meluapkan kegembiraannya ke media sosial Twitter. Menggunakan media sosial itu, mereka membanjiri dengan ucapan selamat tahun baru.


Menurut Perdana Menteri Selandia Baru, John Keys, negeri yang dipimpinnya menutup tahun baru dengan pencapaian yang cukup baik. Dilansir dari situs resmi Keys, dia mencatat pertumbuhan GDP dari awal tahun mencapai 3,5 persen.


Perekonomian Selandia Baru disebut Keys termasuk yang paling cepat di antara negara-negara maju, termasuk Australia.


"Sejak pemilihan umum nasional tahun 2008 silam, kami telah berfokus terhadap landasan yang kokoh untuk pembangunan," ujarnya.


Saat itu, dia mengenang kembali, Selandia Baru tengah dihimpit resesi ekonomi. Namun, lima tahun kemudian, terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapi, Selandia Baru, ujar Keys, mampu bertahan dan tetap dalam kondisi yang baik.


"Di tahun 2014-15 mendatang, kami menargetkan akan membuat surplus neraca perdagangan dan mulai membayarkan hutang-hutang kami. Saat ini, kami telah berada di jalur yang tepat," imbuhnya lagi.


Sektor usaha pun, lanjut Keys, berada di tingkat tertinggi sejak tahun 1999 silam. Keyakinan manufaktur mencapai level tertinggi dalam 15 tahun terakhir.


"Ini berita baik bagi semua keluarga, karena itu berarti mereka akan memiliki pendapatan yang lebih tinggi, lebih banyak lapangan pekerjaan tercipta dan keamanan pekerjaan," kata dia.


Australia Siap Jelang Tahun 2014

Setelah Selandia Baru, negara lain yang siap menyambut tahun baru adalah Negeri Kanguru. Dilansir harian
Sydney Morning Herald
(SMH), letupan pertama kembang api akan mulai terlihat sekitar pukul 21:00 waktu setempat.


Pusat perayaan di Sydney dipusatkan di Sydney Harbour Bridge. Sekitar 1,5 juta orang diprediksi akan memadati daerah tersebut. Ada sesuatu yang berbeda dalam perayaan tahun baru kali ini yaitu sebanyak seribu kembang api akan turut meluncur dari atas Gedung Opera House, selain tentunya dari Harbour Bridge.


Selain itu pengamanan ketat terlihat diberlakukan di sana. Petugas keamanan menyisir semua area untuk mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini berdampak kepada warga yang membawa minuman alkohol.


Mereka memantau dari kejauhan siapa saja warga yang membawa alkohol, karena beberapa area seperti Pyrmont merupakan daerah yang bebas minuman alkohol. (umi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya