Pejabat Korut: Kim Jong Un Tidak Sakit

Tentara Korut berjaga di tepi Sungai Yalu, perbatasan China, 3 Oktober.
Sumber :
  • REUTERS/Jacky Chen

VIVAnews - Seorang pejabat senior Korea Utara (Korut) dalam kunjungannya ke Korea Selatan (Korsel), membantah laporan-laporan yang mengabarkan gangguan kesehatan pemimpin Korut Kim Jong Un.

China dan AS Siapkan Sanksi Baru Korut

Mengutip media Korsel, Reuters, Minggu, 5 Oktober, pejabat senior Partai Pekerja Korut Kim Yang Gon melakukan kunjungan mengejutkan ke Korsel, Sabtu, 4 Oktober, bersama dengan sejumlah pejabat Korut lainnya.

"Saya mengatakan pada Menteri Kim Yang Gon saat perjalanan di mobil, bahwa ada laporan Kim Jong Un mengalami gangguan kesehatan dan bertanya bagaimana kondisi kesehatannya. Menteri Kim mengatakan tidak ada masalah sama sekali," kata Ryoo.

Usir Warga Korsel, Korut Kuasai Kaesong

Spekulasi terkait absennya Kim Jong Un dari publik karena sakit, dipicu laporan televisi Korut bahwa pemimpin Korut itu menderita gangguan kesehatan, yang dianggap sebagai pernyataan implisit bahwa Kim Jong Un sakit.

Ryoo adalah pembuat kebijakan utama Korsel untuk masalah hubungan Korsel-Korut. Dia menjadi tuan rumah pertemuan dengan delegasi Korut yang dipimpin Hwang Pyong So, pejabat militer dan orang kepercayaan Kim Jong Un. Pejabat Korut lainnya dalam delegasi adalah penasihat Kim Jong Un, Choe Ryong Hae.

Korut Bikin Jengkel Lagi, Korsel Beri Tembakan Peringatan

Korut dan Korsel, Sabtu, 4 Oktober, sepakat melanjutkan pembicaraan rekonsiliasi dalam pertemuan mendadak. Kedatangan delegasi pejabat tinggi Korut disebut tidak direncanakan sebelumnya, tapi hanya melalui pemberitahuan dari Korut 24 jam sebelumnya.

Korut kembali luncurkan lima proyektil

Korut Tembakkan Dua Rudal Jarak Pendek

Sebagai dampak dari sanksi berlapis DK PBB dan AS.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2016