Tumpahan Minyak Rusak Cagar Alam di Israel

Ilustrasi tumpahan minyak
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Jutaan liter minyak menyembur dari pipa minyak yang pecah, membanjiri kawasan cagar alam di Israel dalam waktu sangat cepat. Peristiwa itu menjadi bencana lingkungan terburuk dalam sejarah.

Disebut dalam laporan Reuters, Kamis, 4 Desember 2014, tiga orang dibawa ke rumah sakit setelah menghirup uap dari pipa minyak Eilat-Ashkelon, dekat cagar alam Evrona di perbatasan dengan Yordania.

Jalan utama menuju Eilat, kawasan wisata di Laut Merah, ditutup sementara tim yang berusaha mengatasi kebocoran. Radio Israel, Rabu, 3 Desember, melaporkan insiden terjadi saat pekerjaan perawatan.

Cagar alam Evrona dikenal dengan populasi rusa dan palem. "Minyak mentah tumpah ke cagar alam, menyebabkan kerusakan serius pada flora dan fauna," kata pejabat kementerian lingkungan Israel.

Guy Samet dalam wawancaranya dengan radio Israel, Kamis, memperkirakan ada jutaan liter minyak yang tumpah, dan dibutuhkan berbulan-bulan, bahkan tahun, untuk merehabilitasi lingkungan yang rusak.

"Kami masih kesulitan untuk mengetahui seluruh dampak kontaminasi," katanya. Sementara itu, belum ada laporan atau komentar dari pihak Yordania yang berbatasan langsung dengan wilayah bencana. (art)

Simak Juga:

Shin Tae-yong Tidak Mau Blak-blakan Ungkap Kekesalan
vaksinasi booster (ilustrasi)

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) menghimbau masyarakat mendapatkan imunisasi di segala usia di sepanjang umur.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024