Afghanistan Tangkap Taliban Terkait Serangan Sekolah

Militan pelaku serangan ke sekolah Pakistan
Sumber :
  • Twitter
VIVAnews
Kementerian Luar Negeri Pastikan 920 WNI di Pakistan Aman
- Lima militan Tehreek-e-Taliban (TTP) ditangkap di Afghanistan, terkait dengan penyerangan sekolah di Pakistan yang menewaskan lebih dari 130 anak-anak. Penangkapan itu menjadi pertanda meningkatnya kerja sama kontra-terorisme kedua negara.

Taliban Klaim Tanggung Jawab Bom Pakistan

Dilansir
Sepuluh Anggota Daesh Serahkan Diri di Afghanistan
Guardian , Rabu, 14 Januari 2015, lima militan TTP ditangkap di dalam wilayah Afghanistan, berdasarkan informasi yang didapat dari Pakistan, Senin, 12 Januari 2015. Pejabat militer Pakistan mengatakan tiga dari lima yang ditangkap, terlibat dalam serangan 16 Desember 2014.


Pembantaian ratusan siswa oleh Taliban telah memicu kemarahan publik Pakistan pada Taliban. Masyarakat Pakistan juga mengecam sikap pemerintah, yang selama ini membiarkan kelompok-kelompok Taliban berlindung di wilayahnya.


Afghanistan selama ini juga telah mengecam Pakistan, yang sengaja membiarkan Taliban melakukan serangan di Afghanistan lalu berlindung dalam perbatasan Pakistan. Tidak hanya Afghanistan, India juga berulangkali mengeluhkan tindakan pemerintah Pakistan itu.


Setelah pembantaian di sekolah, pemerintah dan militer Pakistan telah berjanji akan menghentikan Taliban, tanpa membedakan mana Taliban baik atau jahat. Sebelumnya Pakistan memberi label Taliban baik, pada kelompok Taliban yang melakukan serangan di luar Pakistan.


Analis mengatakan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berharap dengan memperlihatkan ketulusan membantu Pakistan melawan TTP, sebaliknya akan membuat Pakistan membantunya menghadapi para pemimpin Taliban Afghanistan.


Pakistan diharap menggunakan pengaruhnya untuk mendorong Taliban Afghanistan, agar menerima negosiasi dengan pemerintahan baru Afghanistan, untuk mengakhiri 13 tahun konflik. (art)


Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya