Hakim India Tuduh Mahatma Gandhi Sebagai Mata-mata Inggris

Mahatma Gandhi
Sumber :
  • http://danish56.blogspot.com
VIVA.co.id
30-1-1948: Pembunuhan Mahatma Gandhi
- Seorang hakim di India, Markandey Ketju, menuduh bahwa Mahatma Gandhi, pemimpin yang berhasil memimpin India merdeka dari penjajahan Inggris, sebenarnya adalah mata-mata Inggris.

16-9-1932: Mahatma Gandhi Mogok Makan

Dilansir dari
30-1-1948: Mahatma Gandhi Dibunuh di New Delhi
Daily Mail , Rabu, 11 Maret 2015, hakim yang dikenal sering membuat pernyataan kontroversial itu, memicu kemarahan publik atas tuduhannya pada sang Bapak Bangsa.


Ketju mengatakan Gandhi sengaja menciptakan konflik antara masyarakat Hindu dan Muslim di India, untuk membantu Inggris menjalankan politik memecah belah dan berkuasa di India.


Tuduhan itu disampaikan Ketju, jelang peresmian sebuah patung Gandhi pada Gedung Parlemen Inggris di London, serta rencana kunjungan Menlu Inggris Philip Hammond ke Delhi.


"Gandhi adalah seorang agen Inggris yang banyak memberikan luka pada India. Apakah orang semacam itu pantas dipanggil sebagai Bapak Bangsa?" tulis politisi berusia 68 tahun itu, pada blog pribadinya.


Dia menuduh Gandhi sengaja menginjeksikan agama ke dalam politik di India, untuk membuka jalan bagi Inggris memperpanjang kebijakan memecah belahnya.


Dia menuduh pidato-pidato Gandhi yang banyak mengutip ajaran Hindu, telah mendorong umat Muslim India untuk memisahkan diri dan mendirikan negara Pakistan, kurang dari setahun sebelum Gandhi tewas dibunuh.


Politisi yang gemar membuat kontroversi itu, merupakan mantan Ketua Dewan Pers India, serta memiliki banyak pengikut di media sosial. Dia juga pernah mengatakan, 90 persen orang India adalah idiot.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya