Boko Haram Culik 2.000 Wanita dan Anak-anak di Nigeria

Warga tuntut dibebaskannya ratusan siswi yang diculik Boko Haram, 3 November.
Sumber :
  • REUTERS/Afolabi Sotunde
VIVA.co.id
Indonesia Kecam Bom Bunuh Diri di Kamerun
- Kelompok militan Boko Haram di Nigeria telah menculik sedikitnya 2.000 wanita dan anak perempuan, hanya sejak akhir 2014, menjadikan korbannya sebagai budak seks dan tentara anak.

Hari Natal, Serangan Boko Haram Tewaskan 14 Warga Sipil

Kelompok HAM Amnesty Internasional dalam laporannya yang dikutip
UNICEF: Gerakan Boko Haram Bikin 1 Juta Anak Putus Sekolah
Reuters , Selasa, 14 April 2015, menyebut kelompok itu membunuh korban yang menolak bekerjasama.


Laporan dibuat berdasarkan puluhan wawancara dengan saksi mata, serta korban yang berhasil melarikan diri, setahun setelah Boko Haram menculik 200 siswi sekolah dari Chibok.


Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, mengklaim gadis-gadis yang diculik telah dinikahkan dengan para militan. Kelompok itu menculik wanita dan anak perempuan, setiap kali menyerang desa-desa dan kota.


Seorang remaja putri berusia 19 tahun mengatakan, bagaimana dia telah diculik dari sebuah pesta pernikahan pada September 2014, bersama dengan mempelai wanita dan saudari mempelai.


Mereka ditahan di kamp pelatihan Boko Haram di Madagali, bersama dengan ratusan wanita lainnya. Di sana mereka dilatih untuk berperang bagi Boko Haram. "Saya dilatih menembak," katanya.


Remaja putri yang berkali-kali diperkosa banyak militan itu, juga diajari cara menggunakan bom dan bagaimana menyerang sebuah desa. Mereka yang menolak akan dibunuh dan dibuang begitu saja dalam kuburan massal.


"Kekerasan seksual, perekrutan tentara anak, ini semua adalah kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Mereka harus diselidiki oleh otoritas Nigeria," kata Daniel Eyre, penulis laporan Amnesty. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya