Jokowi Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Versi Majalah Time

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Beijing China
Sumber :
  • REUTERS/Feng Li/Pool
VIVA.co.id
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
- Presiden Joko Widodo masuk ke dalam jajaran 100 orang berpengaruh versi Majalah
Time
Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang
. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu masuk ke dalam kategori "leaders" bersama dengan 31 pemimpin dari seluruh dunia, antara lain Presiden Tiongkok, Xi Jinping, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Presiden Kuba, Raul Castro dan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un.
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri

Dikutip dari situs resmi Time
, Sabtu, 18 April 2015, mantan Duta Besar AS untuk Indonesia sekaligus mantan Presiden Bank Dunia, Paul Wolfowitz, menulis testimonial mengenai Jokowi. Dia menjuluki Jokowi sebagai pemimpin Indonesia yang anti terhadap ekstrimisme.


Wolfowitz kemudian menjelaskan perjalanan karier mantan Wali Kota Solo tersebut. Bagaimana kariernya bisa melejit dengan cepat dari warga biasa lalu menjadi pengusaha perabot rumah tangga hingga orang nomor satu di Indonesia.


"Dia merupakan Presiden Indonesia pertama yang pernah melakukan hal tersebut. Dia pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta," ujar Wolfowitz.


Yang membuat Wolfowitz terkesan yaitu ketika Jokowi membela penunjukkan seorang Lurah yang beragama non Muslim, Susan Jasmine Zulkifli. Susan yang menduduki posisi sebagai Lurah Lenteng Agung menuai protes dari warga setempat, lantaran dianggap tak bisa membaur padatnya aktivitas keagamaan di wilayah itu.


Selain itu, agama Kristen yang dianut Susan dianggap memicu kontroversi, karena sebagian besar penduduk Lenteng Agung beragama Islam.


"Komitmen tersebut bagi tradisi keberagaman agama Indonesia membuat kesuksesan Jokowi penting tidak saja bagi Indonesia tetapi juga dunia yang membutuhkan contoh negara muslim demokrasi," tulis Wolfowitz.


Namun, dia turut menggaris bawahi, untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses, Jokowi membutuhkan tidak lebih dari sekedar popularitas.


Ini merupakan edisi tahunan ke-12 yang dirilis
Time
sejak hari Kamis kemarin. Selain para pemimpin dunia, Time turut memilih figur dari kalangan seniman dan musisi.


Untuk sampul depan,
Time
memilih lima figur yaitu penyanyi Kanye West, balerina Misty Copeland, aktor Bradley Cooper, Hakim Mahkamah Agung Ruth Bader Ginsburg dan jurnalis Jorge Ramos. Uniknya, setiap tokoh yang merasa terinspirasi dengan figur yang masuk ke dalam daftar, boleh menuliskan testimonial mereka.


Dalam daftar tersebut terdapat nama aktivis pendidikan asal Pakistan, Malala Yousafzai yang menjadi sosok paling muda. Ini merupakan kali ketiga berturut-turut namanya masuk ke dalam daftar. Sementara, sosok paling tua yang memperoleh kehormatan adalah Presiden Beji, Caid Essebsi.


Majalah
Time
edisi daftar 100 orang berpengaruh di dunia mulai dijual pada hari Jumat kemarin. 


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya