Menlu Wallstroem: Hubungan Diplomatik Swedia-Israel Membaik

Sager House di Stockhol, kediaman Perdana Menteri Swedia
Sumber :
  • Wikipedia/Maukie
VIVA.co.id
Menlu Lantik Konsul Kehormatan RI Ramallah di Amman
- Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstroem, mengatakan, hubungan diplomatik antara negaranya dan Israel telah membaik. Kondisi tersebut ditandai dengan dipulangkannya kembali Duta Besar Israel untuk Stockholm, Isaac Bachman, setelah ditarik ke negaranya untuk berkonsultasi.

Diplomat RI Dukung Palestina Lewat Lantunan Jazz

Pemanggilan pulang Dubes Bachman merupakan imbas dari keputusan Swedia untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara pada akhir Oktober tahun lalu. Ditemui di sela pertemuan tingkat kepala negara Konferensi Asia Afrika (KAA), di Jakarta Convention Centre pada Rabu, 22 April 2015, Wallstroem berharap hubungan diplomatik kedua negara bisa membaik.
Presiden Jokowi dan Presiden Sudan Bicarakan Nasib Palestina


"Dubes Israel sudah kembali ke negara kami. Semoga kami bisa memperbaiki hubungan diplomatik kedua negara," kata Wallstroem.


Swedia pun tampak antusias ketika digandeng Indonesia untuk memberikan bantuan bagi warga Palestina. Kedua negara, Wallstroem menjelaskan, memiliki sejumlah proyek untuk membantu Palestina.


"Kami telah meningkatkan dukungan kami terhadap Palestina dalam berbagai proyek pembangunan dan mereka juga menyatakan minat terhadap isu investasi, perubahan iklim, energi, kewirausahaan, demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM) dan pemberdayaan wanita di Palestina," papar Wallstroem.


Dia menambahkan, bantuan berupa pengembangan kapasitas juga akan diberikan dan dimasukkan ke dalam pembahasan trilateral dengan Indonesia.


Israel geram lantaran Swedia menjadi negara Eropa Barat pertama yang mengakui Palestina sebagai negara. Kendati keputusan itu dikecam Israel, namun di sisi lain, Presiden Palestina, Mahmud Abbas secara langsung menyambut baik langkah Swedia.


Abbas menyebut keputusan Swedia itu tergolong berani dan bersejarah. Laman
Times of India
melansir, Abbas kemudian menyerukan negara lainnya untuk mengikuti jejak Swedia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya