Pemerintah China Selidiki Kasus Kematian Anak Terlantar

Korupsi China Sorot
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Guru Pencubit Anak Tentara Divonis 6 Bulan Percobaan
- Belakangan banyak kasus-kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia, yang cara penanganannya oleh pemerintah, banyak mendapat kritik dari publik, karena terkesan jauh dari perhatian serius.

Bekas Galian Tambang Jadi 'Penjemput Nyawa' Anak-anak

Sementara di China, Perdana Menteri China Li Keqiang, memerintahkan otoritas menyelidiki kasus kematian empat anak terlantar di Provinsi Guizhou, setelah meminum cairan pestisida.
Bocah Telantar di Trotoar, Diduga Korban Perkosaan


Dikutip dari
Reuters
, Jumat, 12 Juni 2015, satu anak lelaki dan tiga perempuan berusia 5-13 tahun, ditemukan tewas di rumah mereka di Bijie, Guizhou, China, pada Selasa, 9 Juni lalu.


Pada banyak wilayah miskin di China, anak-anak biasanya ditinggal di desa, dirawat oleh nenek atau keluarganya, saat orangtua mereka bekerja di kota.


Li mengatakan insiden itu sangat memprihatinkan, sehingga memerintahkan departemen pemerintah meningkatkan pengawasan, agar mekanisme keamanan sosial tidak sekadar menjadi formalitas.


Dia mengancam pejabat pemerintah yang tidak melakukan tugasnya untuk bertanggungjawab. "Tragedi ini tidak boleh terjadi lagi," ujar Li, yang dikutip oleh media China.


Pemerintah di Bijie mengatakan, telah memulai penyelidikan, beberapa pejabat telah dihukum, termasuk kepala biro pendidikan setempat. Bahkan tuntutan pidana pun akan dilakukan.


Menurut media China, ayah dari keempat bocah malang itu bekerja di luar provinsi, sementara ibu mereka juga tidak terlihat. Mereka hanya hidup dengan 700 yuan, yang dikirimkan ayah mereka.


Keempatnya telah keluar dari sekolah karena masalah biaya. Sebenarnya Presiden Xi Jinping, Mei lalu, mengatakan warga pedesaan harus ikut menikmati pertumbuhan ekonomi China.


Mekanisme sosial sudah diterapkan. Namun praktiknya oleh para pejabat pemerintah setempat, biasanya melaksanakan kebijakan tidak sesuai keinginan pusat. Hal itu juga terjadi dalam kasus kematian empat bocah itu.


Namun berbeda dengan sebelumnya, pemerintahan Presiden Xi Jinping sudah terbukti sangat serius dan tegas, dalam menangani kasus-kasus korupsi para pejabat pemerintah di semua tingkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya