Kim Jong-un Tunjuk Menteri Pertahanan Baru

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un
Sumber :
  • KCNA
VIVA.co.id
Lima Metode Eksekusi Mati Ala Kim Jong-un
- Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un telah menunjuk Menteri Pertahanan yang baru untuk menggantikan Hyon Yong Chol. Menhan baru diketahui bernama Jenderal Pak Yong-sik. 

Kim Jong-un Eksekusi Mati Menteri Pertahanan
Dikutip dari laman International Business Times, Pak bertugas mengisi posisi Hyon yang dirumorkan telah dieksekusi oleh Kim dengan menggunakan senjata anti pesawat udara pada April lalu. Penyebabnya, lantaran Hyon dinilai tak hormat terhadap Kim dan pernah tertangkap basah tertidur dalam sebuah acara militer. 

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang
Pak dilaporkan menjadi Mayor Jenderal di tahun 1999. Pada bulan Mei tahun ini, dia berhasil meraih posisi Jenderal bintang empat. 

Ditunjuk sebagai Menhan baru, banyak yang menilai karier militer Pak melesat bak meteor. Kantor berita Korut, KCNA, pun mulai mempublikasikan foto-foto Pak dengan Kim di beberapa acara publik. 

Pak kini diyakini menjadi pejabat militer tertinggi kedua atau ketiga di Negeri Komunis itu. Posisinya berada di belakang Direktur Jenderal Biro Politik militer Korut, Hwang Pyong-so. 

Sejak memegang tampuk kekuasaan di tahun 2011 lalu, Kim dilaporkan telah mengeksekusi lebih dari 70 pejabat tinggi. Itu diungkap oleh kantor berita Korea Selatan, Yonhap yang mengutip data intelijen. 

Sejak lama, kemampuan dan struktur organisasi militer Korut menjadi perdebatan negara-negara barat. Sebab, sirkulasi informasi di Korut juga terbatas. Sehingga, sulit untuk mengetahui bagaimana fungsi militer di sana. 

Dalam laporan yang dikonfirmasi pada pekan lalu, Korut kini mampu memproduksi senjata kimia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya