Flu Burung Terdeteksi, Jerman Musnahkan 10 Ribu Ayam

Lebih dari 20.000 ayam dimusnahkan di Hong Kong
Sumber :
  • REUTERS/Tyrone Siu

VIVA.co.id - Pemerintah Jerman telah memusnahkan sekitar 10.000 ayam menyusul kasus flu burung yang terdeteksi di negeri tersebut. Kementerian Pertanian Jerman mengatakan kasus flu burung terdeteksi di sebuah peternakan unggas di negara bagian barat laut Lowe Saxony.

Dilansir Channel News Asia, Senin 27 Juli 2015, Institut Friedrich Loeffler, badan kesehatan tubuh hewan Jerman menegaskan kasus deteksi tersebut sebagai patogen tinggi flu burung H7N7.

Virus tersebut diketahui telah menginfeksi babi, kuda dan burung. Namun, kementerian mengatakan virus akan menular kepada manusia jika ada kontak jarak dekat dengan hewan yang terinfeksi.

Infeksi H7N7 pada manusia umumnya ringan dan kematian tampaknya sangat langka. Kasus ini pernah terjadi di Belanda dengan laporan satu kematian pada 2003.

Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah Jerman memberlakukan larangan mendekati kawasan peternakan dalam radius 3 Km dan semua ayam dalam radius 1 Km harus dimusnkan.

Lower Saxony yang merupakan daerah produksi unggas terkemuka dilaporkan teah ditemukan wabah flu burung jenis H5N8 pada Desember tahun lalu. Di wilayah ini juga dilaporkan ada kasus-kasus 'patogen ringan' yang membentuk wabah flu burung jenis H7N7 pada Maret dan Juni 2015. (one)

Demi Untung Besar, Peternak di China Jual Ayam 'Tiren'

Sepuluh Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Terserang virus ini bisa mengakibatkan sakit hingga kematian.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016