Bendungan Jebol, Air Bah Hantam Pemukiman di Brasil

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Ratusan orang dikhawatirkan tewas setelah sebuah bendungan penahan limbah tambang bijih besi di Brasil runtuh dan membanjiri perumahan yang ada di lokasi tersebut.

Dilansir dari BBC, Jumat, 6 November 2015, salah seorang warga sudah dikonfirmasikan tewas sementara diperkirakan ada 16 orang lainnya yang tewas dan menghilang. Genangan air dan lumpur dari bendungan kini memenuhi pedesaan di kota Mariana, Brasil.

Insiden tersebut turut menenggelamkan mobil dan truk serta menghancurkan perumahan. Pihak berwenang di Mariana mengatakan bendungan itu runtuh pada Kamis sore dan seketika mengirimkan lumpur serta puing-puing ke arah kota.

Nestle Dituding Dukung Perbudakan di Brasil

"Daerah yang terkena adalah pemukiman dengan jumlah penduduk sekitar 500 orang," ujar salah seorang wartawan BBC, Julia Dias Carneiro di Rio de Janeiro.

Operasi penyelamatan yang dilakukan terhambat dengan kekhawatiran akan terjadinya longsor. Karena itu helikopter dikerahkan dan hingga saat ini petugas sudah berhasil menyelamatkan beberapa orang dan membawa mereka ke tempat yang aman.

Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa air yang tercampur dengan residu dari operasi pertambangan bisa menjadi zat racun.

Kaca bus wartawan Olimpiade 2016 ditembak

Kepala Keamanan Olimpiade Bantah Isu Penembakan Bus Wartawan

Dua orang terluka akibat serangan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016