Ratusan WNI Bermasalah Dipulangkan dari Arab Saudi

Udara Yaman Dikuasai Arab Saudi, Evakuasi WNI Terkendala
Sumber :
  • Pusat Penerangan TNI

VIVA.co.id - Pemerintah Indonesia akan memulangkan 450 WNI Overstayer dan TKI Undocumented (WNIO/TKIU) dari Jeddah, Arab Saudi. Para WNI itu diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu siang 11 November 2015.

Tinggal Enam hari, Keluarga Sandera Abu Sayyaf Khawatir

Pemulangan dibagi menjadi dua kelompok terbang, 320 orang menggunakan satu pesawat khusus AirAsia Extra (IAAX) XT 2994 dengan waktu kedatangan pukul 12.00 WIB, sementara 130 lainnya menggunakan penerbangan Emirates EK 356 pada pukul 15.40 WIB.

"Pemulangan tersebut merupakan bagian dari program Pemulangan WNIO/TKIU 2015 yang telah dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal  17 Desember 2014 dan dipercepat pelaksanaannya sejak awal September 2015," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 11 November 2015.

Ratusan WNIO/TKIU tersebut akan disambut oleh para pejabat dari Kementerian dan lembaga terkait untuk menyampaikan arahan edukatif kepada para WNIO/TKIU agar mereka tidak mengulangi pelanggaran keimigrasian yang mereka lakukan.

"Selanjutnya mereka akan diserahterimakan oleh Kementerian Luar Negeri RI ke BNP2TKI untuk dilakukan pendataan dan diberikan fasilitasi pemulangan hingga ke daerah asalnya. Disamping itu, mereka juga akan diikutsertakan dalam program pemberdayaan berupa pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh BNP2TKI," kata Kemenlu.

Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan perwakilan RI di masing-masing negara terkait berhasil memulangkan sebanyak 87.785 orang dari 26 negara sejak bulan Januari hingga Oktober 2015.

TKI di Korea Diminta Hentikan Adu Jotos
Proses pemulangan TKI.

Situasi Makin Memburuk, TKI di Suriah Kembali Dipulangkan

Kontrak mereka dengan majikan tak mungkin diperpanjang.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016