Militer AS Izinkan Perempuan Terlibat di Garis Depan

Personel militer AS dengan perangkat komputer mereka
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Militer Amerika Serikat akan mengizinkan perempuan untuk mengabdikan diri mereka dalam semua peran tempur. Mereka kini bisa berpartisipasi untuk lini yang sebelumnya tertutup bagi perempuan.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Diberitakan oleh
11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet
Reuters, Jumat, 4 Desember 2015, Sekretaris Departemen Pertahanan Ash Carter menyampaikan hal tersebut. "Selama mereka memenuhi seluruh persyaratan dan standar, mereka diperbolehkan memberikan kontribusinya," kata Carter.


"Siapa pun kini bisa bergabung, selama semua  memenuhi standar dan persyaratan, dapat bergabung dalam misi yang kami jalankan, bahkan yang selama ini mereka tak bisa ikuti," ujarnya menambahkan.


Carter menjelaskan, kini tentara perempuan juga akan diperbolehkan k mengendarai tank, mortir api, dan memimpin tentara infanteri ke dalam pertempuran. Mereka, ucapnya, dapat berfungsi sebagai Army Rangers dan Green Baret, Navy SEAL, Korps Marinir infanteri, parajumpers Angkatan Udara dan segala sesuatu yang sebelumnya terbuka hanya untuk anggota laki-laki.


Presiden Barack Obama menganggap kebijakan tersebut sebagai langkah yang bersejarah untuk masa depan dan akan memperkuat pasukan militer AS.


"Angkatan bersenjata kami akan lebih banyak lagi merekrut bakat yang lebih luas. Kaum perempuan dengan standar tinggi akan memiliki kesempatan untuk melayani negara," kata Obama.


Sementara itu Carter menjelaskan, para anggota tentara perempuan nantinya bisa saja ditawarkan dan menjalani penugasan di posisi garis tempur depan, namun itu bukanlah merupakan sebuah pilihan yang mutlak.


"Orang-orang yang ditugaskan untuk misi, tugas dan fungsi akan disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan mereka. Hal itupun berlaku bagi semua anggota baik laki-laki maupun perempuan," ucap Carter.


Ia mengakui, keputusan ini bisa menimbulkan polemik. Namun keputusan ini sudah disahkan oleh hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya