Dua Militer Afghanistan Hilang di Amerika

kiprah pangeran harry saat menjadi tentara
Sumber :
  • REUTERS/John Stillwell/Pool/Files

VIVA.co.id - Dua orang peserta pelatihan Angkatan Udara Afghanistan di Moody Air Force Base di Valdosta, Georgia, dilaporkan menghilang. Tapi, para pejabat militer AS menekankan tidak ada indikasi yang memperlihatkan kedua orang itu bisa menjadi ancaman.

"Keduanya terdaftar di skuadron pejuang ke-81. Mereka sudah berada di Moody sejak bulan Februari 2015 dan kedatangan mereka ke AS sudah dijadwalkan sejak satu tahun lalu," ujar pihak Angkatan Udara dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari ABC, Kamis, 10 Desember 2015.

Menurut pernyataan tersebut, keduanya berlatih bersama rekan militer Amerika selama tahun 2015 ini dan tidak pernah menunjukkan kejanggalan apapun.

"Ada proses yang terkoordinasi antara badan-badan federal untuk mencari individu secepat mungkin dan mereka dilatih menjadi otoritas yang tepat," pihak AU menambahkan.

Insiden hilangnya peserta pelatihan asal Afghanistan seperti ini bukanlah kasus yang pertama. Pada 2014 silam, salah seorang tentara asal Afghanistan menghilang di Massachusetts dan ditemukan sedang berusaha menyelinap di perbatasan Kanada.

Kedua militer yang menghilang ini adalah peserta dari program pelatihan pilot Afghanistan dan personel pemeliharaan yang akan menerbangkan pesawat tempur super Tucano A-29.

Bom Magnet Ledakkan Bus Pegawai Pemerintah Afghanistan

Selama pelatihan, keduanya selalu bersama sembilan pilot dan 14 personel kru pemeliharaan lainnya di Moody sepanjang tahun ini. Mereka dijadwalkan untuk lulus dari program tersebut pekan depan dan akan dikirim kembali ke Afghanistan.

Militan Taliban di Afghanistan.

Lalui Jalur 'Tengkorak', Turis Diserang Militan Afghanistan

Enam turis dari AS dan Eropa mengalami luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016