Air Michigan Terkontaminasi, Obama Tetapkan Status Darurat

AS protes blokir media di Malaysia
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id - Air yang menjadi konsumsi warga kota Flint, Michigan, terkontaminasi korosif. Pencemaran ini terjadi setelah perubahan pemasok pada tahun 2014.

Karat yang terdapat pada pipa lama luruh dan mencemari pasokan air untuk warga kota saat dilakukan penggantian ke pipa baru. Gubernur Michigan Ryck Snyder telah meminta pada presiden untuk mempercepat deklarasi  bencana besar dan situasi darurat di Genesee County, untuk melindungi penduduk Flint.

Obama telah meminta Badan Manajemen Darurat Federal untuk mengoordinasikan pemulihan bencana di wilayah tersebut.

"Badan itu bertugas mencegah dan mengurangi meluasnya malapetaka di Genesee County," kata Obama melalui pernyataan yang disampaikan oleh Gedung Putih, seperti dikutip dari Reuters, Minggu, 17 Januari 2016.

Gubernur Michigan juga telah mengirimkan pada pihak berwenang untuk mendistribusikan air dalam botol dan penyediaan lainnya di sekitar area tersebut pekan ini.

Obama Siap Antar Hillary Jadi Presiden AS

Peristiwa ini diketahu setelah pihak berwenang melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pemasok air di wilayah tersebut. Kondisi wilayah penampungan tercemar, dan sejumlah anak yang diperiksa darahnya juga menunjukan kadar timbal yang tinggi dalam darah mereka.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Obama: Trump Tak Layak Jadi Presiden

Trump dinilai tak masuk dalam arus utama konservatisme modern

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016