Lawatan ke Indonesia Timur, Dubes AS: Saya Tidak ke Freeport

Sumber :
  • US Embassy Jakarta

VIVA.co.id - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake menegaskan, dia tidak melakukan kunjungan ke lokasi Freeport saat pergi ke Indonesia bagian Timur pada awal tahun ini.

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

"Saya katakan bahwa saya tidak mendatangi lokasi Freeport pada saat ke Papua. Kala itu saya hanya mengunjungi Papua Utara," ujar Blake yang ditemui hari ini, Rabu, 27 Januari 2016 di @america, Pacific Place, Jakarta.

Awal tahun ini, Dubes Blake melakukan perjalanan ke Indonesia bagian Timur dan mengunjungi Papua, Ternate dan Ambon dalam rangka konservasi hutan dan kelautan.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Tidak mau berkomentar banyak mengenai isu sensitif ini, Blake menjelaskan, bahwa PT Freeport adalah sebuah perusahaan besar yang mempekerjakan lebih dari 30.000 pekerja asal Indonesia.

"Kontribusi Freeport sangat besar di Indonesia karena mereka membayar pajak yang sangat tinggi. Mengenai pergantian Direktur Utama Freeport adalah urusan internal mereka," kata Blake.

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

Sebelumnya, Maroef Sjamsuddin mengajukan pengunduran diri sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia pada awal tahun 2016 ini. Namun sebelum itu James Robert "Jimbob" Moffet sudah lebih dulu mengundurkan diri sebagai Direktur Utama Freeport McMoran Inc.

Anjloknya harga saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut menjadi salah satu penyebab utama lengsernya Jimbob dari kursi kepemimpinan Freeport.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya