Pemilu AS

Obama Sudah Unggul Lebih dari 50 Persen

VIVAnews - Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Barack Obama sudah memenangkan lebih dari 50 persen suara elektor yang diperlukan untuk memenangkan pemilihan umum 2008. Menurut stasiun televisi CNN sampai pukul 9.30 WIB Rabu 5 November 2008, Obama sudah mengumpulkan 174 suara elektor, unggul jauh dari John McCain yang baru mengumpulkan 69 suara.

Dalam pemilu AS, dukungan yang sah adalah suara dari para elektor atau perantara, bukan suara langsung dari pemilih. Berdasarkan aturan, baik Obama maupun McCain harus membutuhkan minimal 270 suara elektor. Dengan demikian Obama sudah mengumpulkan lebih dari 50 persen dari jumlah minimal, yaitu 270, untuk tampil sebagai presiden baru AS.  

Kemenangan Obama salah satunya tercatat di wilayah kunci, Pennsylvania. 'Barry' Obama membutuhkan total 270 electoral vote untuk bisa melenggang ke Gedung Putih menggantikan George W Bush.

Beberapa negara bagian lain yang sudah diungguli Obama yakni Massachusetts, Connecticut, Illinois, New Jersey, Maine dan Maryland. Sedangkan McCain sudah menyalip Obama di Kentucky, Tennessee, West Virginia, South Carolina dan Oklahoma.

Sekitar 187 juta pemilih telah terdaftar, dengan indikasi ketertarikan yang meningkat dalam pertarungan menuju Gedung putih, 40 juta orang sudah memberikan suaranya. Di Virginia sekitar 75 persen penduduk yang mempunyai hak pilih diperkirakan akan berangkat ke tempat pemungutan suara.

Jordi Jenguk Sarwendah, Hubungannya dengan Ruben Onsu Kembali Dipertanyakan
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak saat pamitan karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jatim berakhir. (Humas Pemprov Jatim)

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

Khofifah Indar Parawansa mengakui merasa nyaman dan produktif bersama Emil Elestianto Dardak sehingga dia memohon doa restu untuk kembali berproses dalam Pilkada Jatim.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024