KBRI Damaskus Kembali Pulangkan TKI

Proses pemulangan TKI.
Sumber :
  • KBRI Damaskus

VIVA.co.id – Pemerintah Suriah tak mengakui penghentian pengiriman TKI ke Suriah. Akibatnya, masih terjadi perdagangan orang yang mendatangkan TKI ke Suriah. Namun pihak KBRI Damaskus terus berupaya mengembalikan mereka ke Indonesia.

Konflik Suriah Makin Meruncing, Kemlu: KBRI Tetap Beroperasi

KBRI Damaskus pada tanggal 22 Februari 2016 kembali melakukan pemulangan atau repatriasi WNI/PRT gelombang ke-272. Pekan ini, sebanyak 32 orang WNI/TKW dikembalikan ke Indonesia.

Para TKW yang direpatriasi tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, sisanya berasal dari, Jateng, Jatim, Sulawesi dan NTB. Mereka berhasil dipulangkan setelah segala permasalahan dan hak-haknya dengan majikan telah diselesaikan. Repatriasi kali ini didampingi oleh Munawwar Juanan Raden, staf Konsuler KBRI Damaskus.

Pemerintah Kesulitan Bendung Arus TKI Ilegal ke Luar Negeri

"Dengan keberangkatan ini, masih terdapat 25 WNI/TKW di shelter KBRI Damaskus. Disayangkan, jumlah itu masih terus bertambah setiap harinya," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 23 Febuari 2016.

Duta Besar RI di Damaskus, Djoko Harjanto, menegaskan bahwa pemulangan atau repatriasi TKW ini merupakan program yang telah berlangsung sejak tahun 2011 karena situasi keamanan di Suriah yang sangat mengkhawatirkan dan tidak mungkin kontrak kerjanya diperpanjang lagi.

Dua Anak WNI Berhasil Diselamatkan dari Suriah

Sementara itu, Pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Penerangan Sosial Budaya, AM Sidqi menambahkan, dari 32 TKW yang dipulangkan tersebut terdapat sembilan WNI korban perdagangan orang (TPPO) yang telah diperjuangkan pemulangannya setahun terakhir.

“Korban perdagangan manusia tetap masuk ke Suriah, karena Pemerintah Suriah tidak mengakui penghentian pengiriman TKI ke Suriah. Para korban dikirim ke Suriah tanpa kontrak, dokumen, dan prosedur yang legal. Permasalahannya ada di Tanah Air. Kenapa masih dikirim ke negara konflik ini?" kata Siddqi.

TKI hilang 11 tahun di Suriah akhirnya kembali

TKI Suriah Hilang Kontak 11 Tahun Berhasil Dipulangkan

Dua TKI asal Sukabumi dan Mataram hilang kontak saat kerja di Suriah.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2019